Kompas TV olahraga sepak bola

Raphael Varane Umumkan Pensiun, Putuskan Tetap Berada di Como

Kompas.tv - 25 September 2024, 17:11 WIB
raphael-varane-umumkan-pensiun-putuskan-tetap-berada-di-como
Raphael Varane saat masih berseragam Manchester United menendang bola dalam laga Liga Inggris antara Manchester United dan Wolverhampton di Stadion Old Trafford, Manchestes, Inggris, Sabtu, 13 Mei 2023. Varane yang saat ini berkostum Como menyatakan pensiun dari dunia sepak bola karena cedera berkepanjangan. (Sumber: AP Photo/Jon Super)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Gading Persada

COMO, KOMPAS.TV – Mantan bek tim nasional Prancis dan Manchester United, Raphael Varane, resmi mengumumkan pensiun sebagai pemain sepak bola pada Rabu (25/9/2024). Keputusan ini menandai akhir dari perjalanan karier yang gemilang, termasuk gelar juara Piala Dunia dan deretan trofi bergengsi di level klub.

Varane, yang baru berusia 31 tahun, sebelumnya menandatangani kontrak dengan klub Serie A, Como, pada Juli lalu. 

Namun, ia hanya sempat tampil sekali dan itu pun tercatat hanya 20 menit, sebelum cedera lutut saat menghadapi Sampdoria dalam laga Piala Italia bulan lalu. 

Cedera tersebut tampaknya menjadi alasan utama yang mendorong bek tangguh ini untuk gantung sepatu lebih awal dari yang diperkirakan.

“Mereka bilang semua hal baik pasti berakhir,” ujar Varane dalam pernyataan resmi di akun Instagram-nya.

“Dalam karier saya, saya telah menghadapi banyak tantangan, berkali-kali bangkit, dan hampir semuanya terasa mustahil. Emosi yang luar biasa, momen-momen spesial, dan kenangan yang akan bertahan seumur hidup. Saat merenungkan momen-momen ini, saya merasa sangat bangga dan puas ketika mengumumkan pensiun dari permainan yang kita semua cintai.”

“Saya ingin pensiun dengan cara yang kuat, bukan hanya sekadar bertahan di permainan ini. Butuh keberanian besar untuk mendengarkan hati dan insting kita. Keinginan dan kebutuhan adalah dua hal yang berbeda,” tambahnya.

Bek yang dikenal tangguh ini telah mencicipi berbagai level kompetisi, mulai dari Liga Prancis bersama Lens, Liga Spanyol bersama Real Madrid, hingga Liga Inggris bersama Manchester United.

Tidak hanya itu, Varane juga menjadi bagian penting dari skuad Prancis yang memenangkan Piala Dunia 2018 di Rusia.

Baca Juga: Demi Fokus bersama Manchester United, Raphael Varane Segera Pensiun dari Timnas Prancis




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x