Kompas TV olahraga sepak bola

Kerusuhan Suporter di Bandung, Pengamat: Manajemen Persib Tidak Peka

Kompas.tv - 24 September 2024, 20:17 WIB
kerusuhan-suporter-di-bandung-pengamat-manajemen-persib-tidak-peka
Situasi usai pertandingan Persib melawan Persija tampak para oknum suporter masuk ke tengah lapangan untuk menyerang steward yang sedang bertugas di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Senin (23/9/2024). (Sumber: ANTARA/Rubby Jovan.)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Gading Persada

BANDUNG, KOMPAS.TV - Insiden kerusuhan yang terjadi seusai laga Persib Bandung vs Persija Jakarta di Stadion Si Jalak Harupat, Soreang, Senin (23/9/2024), masih menjadi sorotan publik sepak bola Indonesia.

Pengamat sepak bola, Anton Sanjoyo, menilai ketidakpekaan manajemen Persib terhadap situasi menjadi pemicu ketidakpuasan yang berujung pada kerusuhan tersebut.

"Sebelumnya kan melakukan demonstrasi ke kantor Persib tapi tidak mendapatkan respons yang memuaskan menurut saya. Dan inilah yang menjadi awal ketidakberesan di pertandingan melawan Persija," kata Anton dalam program Kompas Petang di KompasTV, Selasa (24/9/2024).

"Karena menurut saya, tanpa membenarkan tindakan Bobotoh, tapi yang harus menjadi evaluasi adalah ketidakpekaan manajemen Persib saat situasi pertandingan dengan Persija dan Persib. Karena sebelumnya ada kasus yang tidak terselesaikan."

"Paling tidak ada jawaban yang cukup memuaskan bagi para Bobotoh sehingga mereka dingin dan tidak melakukan aksi balas dendam," ujarnya.

Anton mengungkapkan, tanpa membenarkan tindakan kekerasan yang dilakukan oleh oknum Bobotoh, manajemen Persib harus mengevaluasi respons mereka terhadap tuntutan pendukung.

"Jadi, sekali lagi tanpa membenarkan tindakan Bobotoh, manajemen Persib menurut saya adalah juga salah dalam hal ini," lanjut pria yang akrab disapa Bung Joy itu.

"Mereka harus berkaca bahwa tindakan Bobotoh ini adalah akibat ketidaktegasan manajemen Persib dalam kasus pemukulan dan pelecehan terhadap Bobotoh perempuan," imbuhnya.

Baca Juga: Ricuh Usai Laga Persib vs Persija, Viking: Masalah Komunikasi Mendasar antara Klub dan Suporter




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x