Kompas TV olahraga sports

Kyai Slamet si Kebo Bule jadi Maskot Peparnas XVI 2024

Kompas.tv - 19 Juli 2024, 00:00 WIB
kyai-slamet-si-kebo-bule-jadi-maskot-peparnas-xvi-2024
Logo dan juga maskot ajang Pekan Paralimpiade Nasional atau PEPARNAS XVII 2024 yang akan dipusatkan di Kota Solo akhirnya resmi diluncurkan. (Sumber: Bidang Media dan Humas NPC Indonesia)
Penulis : Kiki Luqman | Editor : Gading Persada

SOLO, KOMPAS.TV - Logo dan juga maskot ajang Pekan Paralimpiade Nasional atau Peparnas XVII 2024 yang akan dipusatkan di Kota Solo, Jawa Tengah, akhirnya resmi diluncurkan.

Menariknya banyak unsur-unsur berbau kebudayaan Jawa yang ditonjolkan dalam logo maupun maskot Peparnas tahun ini.

Cukup wajar mengingat tuan rumah event untuk atlet berkebutuhan khusus tersebut nantinya akan digelar di Kota Solo. Kota yang memang sangat kental dengan budaya Jawanya.

Terdapat simbol keris yang jadi sebuah senjata khas Jawa, yang melambangkan keberanian, pahlawan, dan juga perkasa.

Sementara itu maskot Peparnas terinspirasi dari Kebo Bule atau Kyai Slamet, yang merupakan hewan tradisi dari Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat. Kebo Bule biasanya dikeluarkan dalam kirab tradisi di Malam 1 Suro.

Nama Slamet dalam bahasa Jawa berarti selamat atau aman. Melambangkan keselamatan atau perlindungan.

Slamet digambarkan menggunakan pakaian tradisional dengan motif parang, yang melambangkan pantang menyerah dalam segala rintangan.

Slamet juga menggunakan blangkon yang juga khas Keraton kasunanan Surakarta. Memiliki filosofi yang artinya berupa penolak bala agar terhindar dari segala macam marabahaya.

Baca Juga: Klasemen Akhir Asian Para Games 2022: Indonesia Urutan Keenam, Bawa Pulang 29 Emas ke Tanah Air

Wakil Presiden terpilih Gibran Rakabuming Raka mengungkapkan, simbol di maskot Peparnas 2024 ada benang merahnya dari event sebelumnya, yakni ASEAN Para Games yang belum lama ini digelar di Kota Solo. Di event ini menggunakan simbol sosok Rajamala sebagai maskotnya. 

"Kami memang menyelipkan nilai kebudayaan di dalamnya," ucap Gibran, dalam siaran pers NPC Indonesia yang diterima Kompas.tv, Kamis (18/7/2024).




Sumber : Kompas TV, NPC Indonesia




BERITA LAINNYA



Kunjungan Paus ke Indonesia

FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x