Kompas TV olahraga sepak bola

Erick Thohir: PSSI dan LIB Bisa Serasi, Semua Klub Harus Penuhi Lisensi AFC

Kompas.tv - 21 Juni 2024, 07:03 WIB
erick-thohir-pssi-dan-lib-bisa-serasi-semua-klub-harus-penuhi-lisensi-afc
Ketua Umum PSSI, Erick Thohir Dalam Menjawab Pertanyaan Media saat konferensi pers PSSI,LIB,Badan Timnas Indonesia di Ballroom Menara Danareksa,Jakarta,Kamis(20/6/2024). Hasil keputusan Diantaranya Liga Akan Bergulir tanggal 9 Agustus 2024 serta Semua Klub Harus Mempunyai Lisensi AFC. (Sumber: KompasTV/Media PSSI)
Penulis : Rizky Ade Saputro | Editor : Deni Muliya

JAKARTA,KOMPAS.TV - Ketua Umum Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI), Erick Thohir mendukung kebijakan PT. LIB (Liga Indonesia Baru) yang mengatur kalender kompetisi Liga 1 2024/2025.

Kompetisi dimulai pada 9 Agustus 2024. Adapun match pertama mempertemukan Juara Liga 1 2023/2024 Persib Bandung kontra PSBS Biak Juara Liga 2 203/2024.

Pertandingan akan digelar di Stadion Jalakharupat, Kabupaten Soreang Bandung, Jawa Barat.

“Liga Indonesia Baru sudah merancang jadwal sekaligus kelengkapan terkait dengan persiapan kompetisi Liga 1 mendatang, dan beberapa hal mengenai regulasi yang masih kita pertimbangkan,” ungkap Direktur Utama PT LIB, Ferry Paulus.

Kompetisi Liga 1 2024/25 dijadwalkan diikuti 18 klub dan akan bertanding secara double round robin (home & away) selama 34 pekan dengan jumlah 306 pertandingan.

Berbeda dari musim sebelumnya, pada musim depan, babak Championship Series tidak lagi diadakan. 

“Untuk musim depan dipastikan pertandingan akan kembali dengan series reguler dan VAR akan kita jalankan sepanjang musim,” kata Ferry.

Adapun keputusan lainnya adalah klub yang akan bertanding pada musim depan wajib memenuhi NCL (National Club Licensing).

Hal ini tentunya sesuai dengan komitmen PT LIB bahwa peserta Kompetisi Liga 1 harus memenuhi standar klub profesional. 

Penyusunan kebijakan tersebut sudah seharusnya dapat menjadikan liga makin profesional. Pasalnya akan berdampak positif bagi Timnas Indonesia (Timnas) dan Badan Tim Nasional (BTN).

"Alhamdulillah sudah bertemu dan diskusi panjang antara PSSI, LIB, dan Badan Tim Nasional. Jadi kalender FIFA seperti Kualifikasi Piala Dunia babak ketiga akan aman," ucap Erick Thohir, Ketua Umum PSSI saat konferensi Pers di Menara Danareksa, Jakarta, Kamis (20/6/2024).



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x