Kompas TV olahraga sepak bola

UEFA Umumkan Keputusan VAR di Piala Eropa 2024 akan Dijelaskan di Stadion dan Tayangan TV

Kompas.tv - 13 Juni 2024, 11:45 WIB
uefa-umumkan-keputusan-var-di-piala-eropa-2024-akan-dijelaskan-di-stadion-dan-tayangan-tv
Ilustrasi penggunaan VAR. (Sumber: AP Photos)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Gading Persada

MUNICH, KOMPAS.TV - Federasi Sepak bola Eropa, UEFA, mengumumkan bahwa keputusan VAR akan ditampilkan dengan lebih rinci di gelaran Piala Eropa 2024 yang diselenggarakan di Jerman bulan ini.

Langkah ini diambil untuk memberikan kejelasan lebih kepada penggemar dan media mengenai alasan di balik setiap keputusan wasit yang dibantu teknologi video selama Euro 2024.

Dilansir dari Optus Sports, penjelasan teknis dari keputusan-keputusan VAR akan ditampilkan di layar besar dalam stadion dan juga disediakan untuk tayangan TV agar dapat segera disampaikan kepada pemirsa. 

Misalnya, daripada hanya menunjukkan bahwa penalti diberikan karena handball, penjelasan tersebut akan mencakup pemain mana yang terlibat, lengan mana yang digunakan, dan mengapa posisi pemain tersebut membenarkan keputusan VAR.

"Ini adalah sesuatu yang baru. Saya pikir ini sangat menarik," kata Roberto Rosetti, direktur pengelola UEFA untuk wasit, Rabu (12/6/2024) di Munich.

"Kami ingin memberikan penjelasan teknis untuk publik setelah keputusan VAR," imbuhnya.

Rosetti menjelaskan, langkah ini sudah disampaikan kepada pemain dan pelatih agar semua pihak memahami protokol baru sebelum turnamen dimulai pada Jumat (14/6).

Sebagai contoh, Rosetti menggambarkan skenario di mana wasit memberikan penalti untuk handball.

"Penjelasan teknisnya adalah: pemain nomor sembilan Jerman menyentuh bola dengan lengan kirinya dalam posisi yang tidak wajar di atas bahu dan membuat tubuhnya lebih besar," ujarnya.

Baca Juga: Lengkap, Ini Daftar Skuad Resmi 24 Tim Kontestan Euro 2024



Sumber : Optus Sport



BERITA LAINNYA



Close Ads x