Kompas TV olahraga sepak bola

Shin Tae-yong Tak Puas dengan Penyerang Garuda, Erick Thohir Janji Perkuat Timnas Indonesia

Kompas.tv - 12 Juni 2024, 10:45 WIB
shin-tae-yong-tak-puas-dengan-penyerang-garuda-erick-thohir-janji-perkuat-timnas-indonesia
Pemain Timnas Indonesia melakukan selebrasi usai Thom Haye mencetak gol ke gawang Filipina di laga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Selasa (11/6/2024). (Sumber: PSSI)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Tito Dirhantoro

JAKARTA, KOMPAS.TV - Ketua Umum PSSI Erick Thohir mengatakan bakal terus memperkuat Timnas Indonesia setelah berhasil lolos ke babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

Diketahui, Timnas Indonesia memastikan diri lolos ke ronde ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 setelah menjadi runner-up Grup F di ronde kedua, di bawah Irak yang menjadi juara grup 

Kepastian tersebut didapat berkat kemenangan 2-0 yang diraih Timnas Indonesia saat melawan Filipina di laga terakhir yang digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Selasa (11/6/2024) malam.

Dua gol kemenangan Tim Garuda di laga tersebut dicetak oleh Thom Haye di menit 31 dan Rizky Ridho menit ke-56.

Ditemui setelah mendampingi Presiden Joko Widodo atau Jokowi yang menyaksikan langsung pertandingan di SUGBK, Erick mengaku puas dengan hasil yang didapat Timnas Indonesia.

"Tidur nyeyak yang pasti kita semua," kata Erick.

Namun demikian, ia mengakui, persaingan di fase selanjutnya akan semakin berat karena bakal melawan tim-tim kuat Asia.

"Memang ini berat ya, karena ini sistem format yang baru dan habis ini kita masuk ke round 3. Nanti, ada 18 besar negara Asia, dibagi menjadi 3 grup dan masing-masing 6. Dan ranking 1-2 grup langsung masuk ke piala dunia, untuk ranking 3-4 nanti dibagi lagi jadi dua grup. Ranking 1-nya di dua grup itu masuk lagi, ya nanti ada play-off (kalau enggak lolos)," ujar Erick.

"Jadi, masih ada 10 pertandingan habis ini. Di mana kita tuan rumah 5 kali dan ke luar negeri 5 kali. Jadi, timnya mesti benar-benar secara fisik mental kuat. Tim kita belum dua kali sebelas (2x11), ya mungkin kalau dilihat masih ada 18 (negara) yang lainnya. Mesti ditingkatkan karena pertandingan di 18 negara Asia itu sangat berat."

Baca Juga: Jokowi: Lolosnya Timnas Indonesia ke Ronde 3 Kualifikasi Piala Dunia 2026 Sebuah Sejarah

Di babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia, Erick Thohir enggan berharap Timnas Indonesia bertemu atau melawan timnas dari negara mana di fase tersebut.

Ia menegaskan, dengan persaingan yang semakin ketat, Timnas Indonesia harus diperkuat agar bisa bersaing di level yang lebih tinggi.

"Ya kita tak bisa memilih (lawan) tergantung pembagian grup. Habis itu kita berhitung posisi seperti apa, kekuatan dan kekurangan kita, kita mesti segera tambal," ucapnya.

Di sisi lain, pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong mengatakan tak puas dengan performa barisan penyerang.

Pelatih asal Korea Selatan itu berharap para pemain depannya bisa berbenah dan tampil lebih baik lagi di laga selanjutnya.

"Jujur, striker tidak bermain baik hari ini. Mereka perlu introspeksi diri dengan baik," kata STY seusai laga.

Selain itu, Shin Tae-yong juga membuka kemungkinan menambah penyerang jika ada pemain berdarah Indonesia yang bagus dan bersedia dinaturalisasi.

"Kami masih akan terus cari striker yang bagus. Jika ada pemain berdarah Indonesia yang tampil bagus tentu akan kami ajukan permohonan naturalisasi," ujarnya.

Baca Juga: Kata Shin Tae-yong soal Indonesia Lolos Putaran Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x