Kompas TV olahraga sepak bola

Begini Tanggapan Erick Thohir soal Kritik terhadap Pelatih Timnas Indonesia U17 Bima Sakti

Kompas.tv - 4 Oktober 2023, 05:20 WIB
begini-tanggapan-erick-thohir-soal-kritik-terhadap-pelatih-timnas-indonesia-u17-bima-sakti
Ketua Umum PSSI sekaligus Menteri BUMN Erick Thohir memberikan keterangan kepada wartawan usai bertemu Presiden Joko Widodo di Istana Kepresidenan Jakarta, Rabu (20/9/2023). (Sumber: ANTARA/Rangga Pandu)
Penulis : Kiki Luqman | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Indonesia (PSSI) Erick Thohir menanggapi kritikan masyarakat terhadap pelatih Timnas Indonesia U17, Bima Sakti.

Erick tidak mempermasalahkan kritikan yang ditujukan kepada pelatih berusia 46 tahun tersebut. 

Menurutnya, kritik tersebut merupakan bentuk perhatian dan kasih sayang masyarakat terhadap sepak bola Indonesia.

"Kalau di Indonesia kan selalu coach Shin Tae-yong pun diragukan, coach Indra Sjafri diragukan, coach Bima diragukan. Ya itu bagian daripada kecintaan masyarakat sepak bola kepada sepak bolanya," kata Erick dalam jumpa pers acara pengumuman hak siar Piala Dunia U17 di EMTEK, Jakarta, Selasa (3/10/2023).

Sebagian kalangan meragukan kapasitas Bima Sakti dalam menukangi Timnas Indonesia U17 yang akan berlaga di Piala Dunia U17 2023 lantaran sempat gagal meloloskan Indonesia ke putaran final Piala Asia U17 2023 di Thailand.

Saat itu, kekalahan 1-5 dari Malaysia membuat Sulthan Zaky dan kawan-kawan tidak lolos ke putaran final karena gagal menjadi satu dari enam runner-up terbaik pada babak kualifikasi yang dimainkan Oktober 2022 silam.

Baca Juga: Terungkap Lawan Timnas Indonesia U17 di Piala Dunia U17 2023, Ini Kata Bima Sakti

Menurut Erick, semua figur yang terlibat dalam sepak bola Indonesia harus siap menahan tekanan-tekanan seperti itu dan memberikan bukti dengan hasil.

"Nah individu atau figur yang ada di sepak bolanya harus siap menahan tekanan itu, dan memberikan hasil. Ini yang kita mau, kita sama-sama membangun," kata Erick.

Lebih lanjut, pria yang juga menjabat sebagai Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) itu juga menganggap kritikan yang diberikan masyarakat kepada Bima Sakti memiliki nilai positif yaitu sebagai perwujudan dari demokrasi.

"Ada sisi negatif, saya rasa ya itu bagian dari demokrasi. Tapi kan yang penting kalau ada yang meragukan, jangan sampai keluar kata-kata kasar. Apalagi sampai menyerang keluarga," ucap Erick.

"Nah itu kasihlah kesempatan para pelatih ini jadi manusia seutuhnya. Dan kita sebagai PSSI mendorong para pelatih ini untuk lebih baik," tambahnya.

Dalam kesempatan yang sama, Erick juga menegaskan target yang diberikan pihaknya untuk Timnas Indonesia U17 di Piala Dunia U17 2023 yaitu mencapai babak 16 besar.

"Kita itu juara SEA Games (2023 Kamboja) karena para pemainnya ingin memberikan yang terbaik. Kemarin kita ranking dua di AFF (U-23 2023) karena di menit-menit terakhir final (melawan Vietnam) pun masih bermain maksimal," tegas Erick, dikutip dari Antara.

Baca Juga: Erick Thohir Bertemu Jaksa Agung Sampaikan Audit Dana Pensiun BUMN


 




Sumber : Antara




BERITA LAINNYA



Kunjungan Paus ke Indonesia

FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x