Kompas TV nasional politik

Momen Amien Rais Hadiri Pelantikan Prabowo-Gibran Jadi Presiden dan Wapres RI di Gedung MPR

Kompas.tv - 20 Oktober 2024, 10:55 WIB
momen-amien-rais-hadiri-pelantikan-prabowo-gibran-jadi-presiden-dan-wapres-ri-di-gedung-mpr
 Mantan Ketua MPR RI Amien Rais (tengah) tampak menghadiri pelantikan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka sebagai Presiden-Wakil Presiden periode 2024-2029, di Gedung MPR/DPR RI, Minggu (20/10/2024). (Sumber: Tangkap Layar kanal YouTube MPR)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Deni Muliya

JAKARTA, KOMPAS.TV - Mantan Ketua MPR RI Amien Rais tampak menghadiri pelantikan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka sebagai Presiden-Wakil Presiden periode 2024-2029, di Gedung MPR/DPR RI, Minggu (20/10/2024).

Sejak pukul 08.13 WIB para tokoh pejabat publik telah berdatangan ke Gedung MPR, termasuk Amien Rais.

Dalam kesempatan itu ia terlihat mengenakan jas abu-abu dengan peci hitam.

Tak hanya Amin Rais, tampak pula sederet mantan Presiden dan wakil Presiden yang hadir dalam pelantikan tersebut.

Di antaranya Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), Presiden ke-7 RI Joko Widodo (Jokowi), Wakil Presiden ke-6 RI Try Sutrisno, Wakil Presiden ke-10 dan ke-12 RI Jusuf Kalla, Wakil Presiden ke-11 RI Boediono.

Hadir pula istri dari Presiden ke-4 RI Abdurrahman Wahid yaitu Sinta Nuriyah dan istri dari Wakil Presiden ke-9 RI Hamzah Haz.

Baca Juga: Ini Momen Kaesang dan Kahiyang Dapat Sorakan dan Tepuk Tangan Saat Pelantikan Prabowo - Gibran

Sederet tokoh seperti Imam Besar Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar, Eks Gubernur DKI Jakarta yang juga Capres nomor 1 Pilpres 2024 Anies Baswedan, hingga sederet Ketua Umum Partai Politik juga hadir di pelantikan Prabowo-Gibran.

Meski demikian, terdapat sederet tokoh yang absen dari acara tersebut, seperti Presiden ke-5 RI sekaligus Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri, Eks Gubernur Jawa Tengah yang juga Capres nomor urut 3 Pilpres 2024 Ganjar Pranowo, dan Eks Menkopolhukam yang juga Cawapres nomor urut 3 Pilpres 2024 Mahfud MD.

Prabowo dan Gibran dilantik sebagai Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia periode 2024-2029 di Gedung MPR/DPR RI, pada hari ini, Minggu.

Prosesi pelantikan dimulai pukul 10.00 WIB dan dipimpin oleh Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) RI Ahmad Muzani. 

Pelantikan ini menandai dimulainya masa jabatan pemerintahan baru di Indonesia, setelah proses pemilu raya yang berlangsung pada 2024. 

Baca Juga: PDIP: Ketidakhadiran Megawati Bukan Berarti Menolak Pelantikan Prabowo Jadi Presiden




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x