Kompas TV nasional humaniora

Daftar Nama 11 Perempuan yang Bakal Masuk Kabinet Era Prabowo-Gibran, Salah Satunya Sri Mulyani

Kompas.tv - 17 Oktober 2024, 03:00 WIB
daftar-nama-11-perempuan-yang-bakal-masuk-kabinet-era-prabowo-gibran-salah-satunya-sri-mulyani
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati. Nama Sri Mulyani masuk dalam 11 perempuan yang dikabarkan bakal masuk dalam kabinet Prabowo-Gibran. (Sumber: BPMI Setpres)
Penulis : Kiki Luqman | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Presiden terpilih Prabowo Subianto memanggil sejumlah perempuan ke kediamannya di Jalan Kertanegara, Jakarta Selatan, sejak Senin (14/10/2024). 

Pemanggilan tersebut diduga terkait penunjukan calon menteri pada hari pertama dan wakil menteri pada hari kedua. 

Para perempuan yang dipanggil berasal dari berbagai latar belakang, termasuk akademisi dan birokrat, menunjukkan keragaman keahlian yang diinginkan untuk mengisi posisi dalam kabinet.

Ketua Harian Partai Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad, menyatakan bahwa akan ada banyak perempuan yang diangkat menjadi menteri dalam kabinet Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming. 

Namun, Dasco belum memberikan jumlah pasti mengenai berapa banyak perempuan yang akan mengisi posisi penting tersebut.

Dalam dua hari pemanggilan tersebut, sejumlah perempuan dengan berbagai keahlian diundang untuk berdiskusi, menunjukkan komitmen pemerintahan baru untuk memberikan peran lebih besar bagi perempuan di tingkat pemerintahan.

Di antara calon menteri dan wakil menteri yang dipanggil, terdapat sejumlah tokoh wanita, mulai dari Menteri Keuangan Sri Mulyani hingga aktivis perempuan Veronica Tan.

Usai dipanggil Prabowo, Sri Mulyani dan Veronica Tan menyatakan kesanggupannya membantu presiden di jajaran kabinet.

Usai bertemu Prabowo pada Senin (14/10/2024), Sri Mulyani mengaku diminta Prabowo melanjutkan tugas sebagai Menteri Keuangan. 

"Pada saat untuk pembentukan kabinet, beliau meminta saya untuk menjadi Menteri Keuangan kembali," kata Sri Mulyani dikutip dari Kompas.com.

Berikut ini deretan perempuan yang dipanggil Prabowo ke Rumah Kertanegara:

1. Arifah Choiri Fauzi

Sekretaris Pengurus Pusat Muslimat Nahdlatul Ulama (NU) dan anggota Komisi Informasi dan Komunikasi MUI, Arifah dipanggil oleh Prabowo pada hari pertama. 

Meskipun ada spekulasi bahwa dia mungkin akan masuk kabinet, Arifah menolak berkomentar lebih jauh mengenai hal tersebut dan menyerahkan kepada Prabowo untuk mengumumkannya.

2. Ribka Haluk

Penjabat Gubernur Papua Tengah, Ribka Haluk, juga dipanggil oleh Prabowo. 

Dalam pertemuannya, Prabowo mengucapkan terima kasih kepada Ribka atas bantuannya dan memintanya untuk bergabung dalam kabinet. Ribka menyatakan apresiasinya atas kepercayaan yang diberikan kepadanya.

Baca Juga: Khofifah Cagub Jawa Timur: Terima Kasih Pak Jokowi Selamat Bertugas Pak Prabowo

3. Veronica Tan

Mantan istri Basuki Tjahaja Purnama (Ahok), Veronica Tan, dipanggil untuk berpotensi membantu dalam bidang kesejahteraan ibu dan anak.

Veronica mengungkapkan kesiapannya untuk bekerja sama dengan Prabowo, meskipun belum ada rincian mengenai jabatan yang akan diembannya.




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x