Kompas TV nasional politik

Begini Respons PDIP soal Kabar BG dan 2 Kadernya Akan Masuk Kabinet Prabowo

Kompas.tv - 3 Oktober 2024, 19:15 WIB
begini-respons-pdip-soal-kabar-bg-dan-2-kadernya-akan-masuk-kabinet-prabowo
Ketua DPP PDIP Said Abdullah di Gedung DPR, Jakarta, Selasa (28/8/2023). (Sumber: Fadel Prayoga/Kompas TV)
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Budi Gunawan (BG), politikus PDIP Abdullah Azwar Anas, dan Bendahara Umum PDIP Olly Dondokambey dikabarkan bakal masuk dalam kabinet Presiden-Wakil Presiden terpilih Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka. 

Menanggapi hal itu, Ketua DPP PDIP Said Abdullah menyebut, hingga kini belum ada petunjuk dari Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri. 

"Belum ada sinyal dari Ibu Ketua Umum. Tiga nama itu, baik pak Budi Gunawan, baik pak Azwar Anas, baik bapak Olly Dondokambey menunggu keputusan dari DPP dan Ibu Ketua Umum,” kata Said di gedung DPR, Jakarta, Kamis (3/10/2024). 

Baca Juga: PDIP Dikabarkan Bakal Dapat 2 Menteri di Kabinet Prabowo-Gibran, Puan: Saya Nggak Tahu

"Belum sama sekali, baik Pak Budi Gunawan, baik Pak Olly, Pak Anas tidak ada pembicaraan di internal partai dan tidak ada instruksi dari Ibu Ketua Umum, kita semua tegak lurus menunggu apa pun titah yang disampaikan oleh Ibu Ketua Umum," sambungnya. 

Menurut dia, rencana pertemuan antara Megawati dan Prabowo tak akan membahas soal merapatnya PDIP ke koalisi pemerintahan mendatang.

"Pertama (Megawati dengan Prabowo) tentu tukar pikiran karena Ibu Mega wapres, presiden juga, Bapak Prabowo akan memangku jabatan presiden lima tahun ke depan."

"Kalau soal koalisi itu pasti tidak akan dibahas karena pertemuan itu bukan pertemuan transaksional, gabung tidak gabung, tapi pertemuan saudara sebangsa," ujar Said. 

Namun, ia memastikan kedua tokoh tersebut akan menggelar pertemuan dalam waktu dekat.

"Dipastikan pertemuan Ibu Megawati dengan Bapak Prabowo selaku presiden terpilih momentumnya semakin dekat, kira-kira menurut saya kalau pelantikan 20 [Oktober] maka jauh sebelum tanggal 20 pertemuan itu akan terjadi,” ujarnya. 

Sebelumnya, Ketua Harian DPP Gerindra Sufmi Dasco Ahmad memberikan informasi mengenai perkembangan penyusunan kabinet Prabowo-Gibran. Dasco mengatakan jumlah kementerian dan nama calon menteri masih terus dibahas.

Ia menjelaskan, ditargetkan penyusunan kabinet selesai H-5 sebelum pelantikan Prabowo sebagai presiden oleh MPR. Prabowo rencananya akan dilantik pada 20 Oktober.

Baca Juga: Kelakar PAN soal Menteri Pendidikan di Kabinet Prabowo-Gibran, Zulkifli: Semoga dari Muhammadiyah

"Nah ini masih kemudian ada yang masuk ada yang tarik sehingga mungkin fix final kabinet itu agak lama ya tetapi tentunya presiden terpilih punya target kemungkinan h-5 sudah selesai," kata Dasco kepada wartawan, Senin (30/9/2024).


 




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x