Kompas TV nasional peristiwa

Pengamat Sebut Kritik JK ke Nadiem Tepat: Ada Masalah Manajemen Pendidikan yang Fundamental

Kompas.tv - 9 September 2024, 12:21 WIB
pengamat-sebut-kritik-jk-ke-nadiem-tepat-ada-masalah-manajemen-pendidikan-yang-fundamental
Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nadiem Anwar Makarim saat tiba di Istana Merdeka, Jakarta untuk memenuhi pemanggilan Presiden RI Joko Widodo, Senin (27/5/2024). (Sumber: Nina Susilo/Kompas.id)
Penulis : Ninuk Cucu Suwanti | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Direktur Eksekutif Center of Economic and Law Studies (CELIOS) Bhima Yudhistira menilai masukan Wakil Presiden ke-10 dan ke-12 RI Jusuf Kalla untuk posisi menteri pendidikan di pemerintahan mendatang tepat.

Sebab menurut Bhima, isunya bukan hanya soal mismatch masalah disrupsi di dunia pendidikan dengan lebih banyak teknologi.

Hal tersebut disampaikan oleh Bhima Yudhistira merespons kritik tajam Wakil Presiden ke-10 dan ke-12 RI Jusuf Kalla kepada Menteri Pendidikan Nadiem Makarim dalam dialog Sapa Indonesia Pagi Kompas TV, Senin (9/9/2024).

“Ini ada masalah manajemen pendidikan yang sifatnya fundamental, jadi dalam kritik itu Pak JK tepat untuk bilang bahwa ke depan harus hati-hati pilih menteri Pendidikan,” ucap Bhima.

Baca Juga: Puteri Komarudin soal Ahmad Sahroni Batal Jadi Ketua Tim Pemenangan RK-Suswono: Tunggu Surprisenya

“Apalagi menteri pendidikannya juga dikasih pos belanja tambahan makanan bergizi gratis, ada tambahan pekerjaan baru bahkan yang sangat menantang ke depannya,” ujarnya.

Bhima menuturkan Menteri Pendidikan Nadiem Makarim memang terkenal dengan kesuksesannya karena menjadi CEO sebuah perusahaan ojek online. Namun menurutnya, Nadiem bukanlah sosok yang tepat untuk mengurusi tentang bagaimana manajemen pendidikan.

Maka itu, sambung Bhima, sejak awal menjabat sebagai menteri pendidikan, Nadiem banyak dikritik.

“Dari awal sebenarnya sudah muncul banyak sekali kritik bahwa menteri pendidikan yang sekarang Pak Nadiem sepertinya memang kurang pas ya di pos Menteri Pendidikan. Memang pernah punya track record di pendidikan dalam negeri, tapi juga punya skala prioritas pendidikan apa yang memang harus menjadi skala prioritas untuk meningkatkan, misalnya dari kualitas SDM,” ucap Bhima.

Baca Juga: Pengamat Sebut Pramono-Rano Bisa Menang Pilgub Jakarta kalau Ridwan Kamil Tidak Berinovasi

“Jadi bukan hanya oh ya, dia berasal dari startup yang kemudian cukup sukses, cukup besar, unicorn, masuk menjadi pos menteri pendidikan, kemudian di pos menteri pendidikan dianggap bahwa masalahnya adalah hanya mismatch antara kebutuhan dunia usaha dengan lulusan dari dunia pendidikan, itu satu hal, tapi kan masih banyak hal lainnya,” kata Bhima.

Dikutip dari Tribunnews, sebelumnya Jusuf Kalla mengkritik kinerja Mendikbudristek Nadiem Makarim. Hal itu disampaikan Jusuf Kalla saat menjadi pembicara diskusi bertema pendidikan disiarkan di kanal YouTube TV Parlemen.

Jusuf Kalla menyebut menteri pendidikan selama ini adalah orang yang hebat dan memiliki prinsip pendidikan Indonesia, seperti Ki Hajar Dewantoro, Soemantri, Syarief Thayeb, Daoed Joesoef, hingga Fuad Hassan.


Namun JK justru mengulas kinerja Nadiem Makarim yang menurutnya tidak memiliki pengalaman di bidang pendidikan. Selain itu, JK menyebut Nadiem jarang ke kantor hingga tidak pernah blusukan ke daerah-daerah.

"Ada kemudian Mas Nadiem, yang tidak punya pengalaman guru, bidang pendidikan, tidak pernah datang ke daerah, jarang ke kantor," ujar JK.




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x