Kompas TV nasional peristiwa

QR Code MyPertamina Wajib untuk Beli BBM Subsidi, Pakai Digital atau Cetak?

Kompas.tv - 9 September 2024, 08:12 WIB
qr-code-mypertamina-wajib-untuk-beli-bbm-subsidi-pakai-digital-atau-cetak
PT Pertamina Patra Niaga memastikan Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis Pertalite tersedia di 7.516 SPBU atau sebanyak 97% dari total 7.751 SPBU Pertamina di seluruh wilayah Indonesia. (Sumber: Dok. Pertamina)
Penulis : Danang Suryo | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA. KOMPAS.TV - Pertamina mengatakan QR Code MyPertamina kini digunakan untuk pembelian bahan bakar minyak (BBM) subsidi seperti Pertalite dan Solar di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU). Kebijakan ini merupakan bagian dari program Subsidi Tepat yang diterapkan pemerintah.

Corporate Secretary PT Pertamina Patra Niaga, Irto Ginting, menjelaskan bahwa pengguna bisa memilih cara menunjukkan QR code tersebut.

"Pilihannya aplikasi (di ponsel) atau QR dicetak," kata Irto dikutip dari Kompas.com, Minggu (8/9/2024).

Irto menambahkan bahwa QR code bisa ditunjukkan langsung melalui aplikasi di ponsel atau dicetak dan dilaminating sebelum melakukan transaksi di SPBU.

Artinya, kendaraan harus terdaftar di MyPertamina dan memiliki QR code untuk bisa membeli BBM subsidi.

Bagi masyarakat yang ingin mendaftarkan kendaraannya untuk bisa membeli Pertalite, pendaftaran bisa dilakukan melalui website subsiditepat.mypertamina.id. Dokumen yang perlu disiapkan untuk pendaftaran meliputi:

  1. Foto KTP
  2. Foto diri
  3. Foto STNK (tampak depan dan belakang)
  4. Foto kendaraan tampak keseluruhan
  5. Foto kendaraan tampak depan dengan nomor polisi terlihat
  6. Foto KIR bagi kendaraan pengguna KIR

Baca Juga: Dirut Pertamina Kunjungi Toko Kelontong di Surakarta, Pedagang Keluhkan Pengantaran Elpiji 3 Kg

Sebelumnya Manajer Komunikasi, Relasi, dan CSR Pertamina Patra Niaga, Ahad Rahedi membagikan tips untuk memudahkan masyarakat dalam proses pendaftaran.

"Semua dokumen harus jelas terlihat dan terbaca saat difoto," kata Ahad.

Ia menegaskan bahwa kualitas dokumen harus diperhatikan, termasuk tidak adanya kerusakan atau tulisan yang buram, sehingga semua informasi yang dibutuhkan dapat terbaca dengan baik.

Sebagai persiapan sebelum mengunggah dokumen, masyarakat diminta untuk menyiapkan beberapa berkas penting, seperti Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK), Kartu Tanda Penduduk (KTP), serta foto kendaraan dari sisi depan dan samping yang menunjukkan nomor polisi kendaraan. Hal ini menjadi syarat penting dalam proses verifikasi.

Pertamina berharap distribusi BBM subsidi bisa lebih tepat sasaran. Masyarakat diimbau untuk segera mendaftarkan kendaraannya jika ingin tetap bisa membeli BBM subsidi di SPBU Pertamina.




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x