Kompas TV nasional peristiwa

Paus Fransiskus Ingatkan Teladan Bunda Teresa yang Tanpa Lelah Peduli pada Orang Miskin

Kompas.tv - 5 September 2024, 19:42 WIB
paus-fransiskus-ingatkan-teladan-bunda-teresa-yang-tanpa-lelah-peduli-pada-orang-miskin
Paus Fransiskus saat memberikan Khotbah dalam Misa Kudus di Stadion Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, Kamis (5/9/2024). (Sumber: Tangkap Layar Kompas TV.)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Deni Muliya

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pemimpin tertinggi Gereja Katolik Paus Fransiskus mengingatkan teladan dari Bunda Teresa yang mengajarkan untuk tanpa lelah peduli terhadap orang miskin.

Hal tersebut disampaikan Paus saat memberikan Khotbah dalam Misa Kudus di Stadion Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, Kamis (5/9/2024).

"Santa Teresa dari Kalkuta, yang peringatannya kita rayakan hari ini, yang tanpa lelah peduli pada orang-orang termiskin dan memajukan perdamaian dan dialog," kata Paus.

Bunda Teresa, kata ia, juga mengajarkan untuk selalu memberi meski tidak memiliki.

"Ketika kita tidak memiliki apa pun untuk diberikan, hendaklah kita memberikan ketiadaan itu. Dan ingatlah, bahkan ketika kamu tidak menuai apa-apa, jangan pernah lelah menabur," ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Paus juga berpesan kepada umat katolik di Indonesia agar membangun masyarakat yang adil dan tetap berada di jalan perdamaian.

"Saudara dan saudari, dalam menghadapi berbagai tugas hidup sehari-hari, menghadapi panggilan yang kita semua rasakan untuk membangun masyarakat yang lebih adil, untuk melangkah maju di jalan perdamaian dan dialog, yang telah lama dipetakan di Indonesia," ucapnya.

Baca Juga: Misa Akbar Paus Fransiskus, Pembacaan Doa Umat dengan 6 Bahasa Daerah di Indonesia

Ia pun tak memungkiri jika terkadang manusia merasa tidak mampu, merasakan beratnya komitmen yang begitu besar diembannya.

Sehingga terkadang tidak selalu membuahkan hasil yang diharapkan, atau kesalahan-kesalahan yang tampaknya menghambat perjalanan hidup.

"Namun, dengan kerendahan hati dan iman yang sama seperti Petrus, kita juga diminta untuk tidak tetap menjadi tawanan kegagalan kita, dan alih-alih tetap menatap jalan kita yang kosong, untuk memandang Yesus dan percaya kepada-Nya," jelasnya.

"Kita selalu dapat mengambil risiko untuk bertolak ke tempat yang dalam dan menebarkan jala lagi, bahkan ketika kita telah melewati malam kegagalan, masa kekecewaan di mana kita tidak menangkap apa pun," tuturnya.

Seperti diketahui, Misa Kudus bersama Paus Fransiskus di GBK dihadiri puluhan ribu umat Katolik.

Misa Kudus ini merupakan bagian dari rangkaian kunjungan apostolik Paus Fransiskus di Indonesia mulai 3-6 September 2024.

Acara Misa Kudus yang dipimpin langsung Paus Fransiskus ini menjadi puncak rangkaian kunjungannya ke Indonesia.

Baca Juga: Jokowi: Umat Katolik Indonesia Bersukacita Lakukan Misa Suci Bersama Paus Fransiskus




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x