Kompas TV nasional peristiwa

Tiga Berita Populer: Kesederhanaan Paus, Kaesang Bungkam, KPK Telaah Laporan Gratifikasi Jet Pribadi

Kompas.tv - 5 September 2024, 08:35 WIB
tiga-berita-populer-kesederhanaan-paus-kaesang-bungkam-kpk-telaah-laporan-gratifikasi-jet-pribadi
Paus Fransiskus berada di tengah-tengah siswa, komunitas kaum muda lintas iman, dan tamu undangan setelah beraudiensi dengan komunitas pemuda yang diinisiasi oleh Scholas Occurrentes di Gedung Grha Pemuda, Kompleks Katedral Jakarta, Rabu (4/9/2024) malam. (Sumber: INDONESIA PAPAL VISIT COMMITTEE via Kompas.id)
Penulis : Iman Firdaus | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV- Dalam empat hari terakhir, publik disuguhi beragam informasi. Selain soal Pemilihan Kepala Daerah, berita kedatangan Paus Fransiskus ke Indonesia, putra bungsu Presiden Jokowi yang disebut melakukan gratifikasi karena naik jet pribadi juga mendominasi.

Termasuk Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang batal mengklarifikasi Kaesang namun tetap menelaah laporan dari Masyarakat Anti Korupsi Indonesia (MAKI) dan dosen UNJ Ubedilah Badrun. Berikut rangkuman beritanya.

1. Kesederhanaan Paus Fransiskus Mengundang Pujian

Kedatangan pemimpin tertinggi gereja Katolik sedunia Paus Fransiskus ke Indonesia, Selasa (3/9/2024) menuai banyak pujian di tanah air. Pasalnya, Paus tidak menggunakan pesawat jet pribadi, meski punya posisi sebagai pemimpim tertinggi.

Dia memilih pesawat komersial milik Italia, ITA Airways. Di Indonesia, Paus juga tidak mau menggunakan mobil mewah, justru memilih Innova Zenix.   

Alasan Paus Fransiskus menggunakan mobil Kijang Innova Zenix karena merupakan kendaraan yang banyak digunakan masyarakat Indonesia.

“Benar, beliau memilih mobil yang banyak digunakan oleh masyarakat di sini, Toyota Innova,” ucap Uskup Agung Jakarta, Ignatius Kardinal Suharyo.

Baca Juga: Seperti Paus Fransiskus, Istana Benarkan Jokowi Naik Innova Zenix: Namun Warna Hitam, Berpelat RI-1

Pilihan mobil tersebut berbeda dengan kebanyakan tokoh dunia yang memilih mobil mewah selama berkunjung ke Indonesia. Hal itu menunjukkan kesederhanaan yang dimiliki Paus Fransiskus.

Paus juga memilih menginap di Kedutaan Besar Vatikan, bukan hotel berbintang. Hal ini membuat banyak kalangan kagum. Muhammadiyah, misalnya, memberikan pujian atas sikap kesederhanaan tersebut.

"Kunjungan Paus Fransiskus merupakan kehormatan dan penghormatan bagi bangsa Indonesia. Di tengah kesibukan dan jadwal yang padat, Paus Fransiskus berkenan berkunjung ke Indonesia dengan menggunakan pesawat komersial dan menempuh perjalanan yang sangat jauh dan tidak menginap di hotel berbintang," bunyi pernyataan PP Muhammadiyah yang ditandatangani Ketua Umum Muhammadiyah Haedar Nashir.

"Hal itu menunjukkan keteladanan yang dapat menjadi inspirasi penting bagi para pemimpin bangsa di tingkat nasional dan ranah global," ucap pernyataan tersebut.

2. Kaesang Bungkam

Setelah ditunggu cukup lama sejak postingan soal jet pribadi untuk perjalanan ke Amerika Serikat bersama sang istri, Erina Gudono, Kaesang Pangarep muncul di kantor Partai Solidaritas Indonesia (PSI).




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x