Kompas TV nasional peristiwa

Paus Fransiskus Nilai Indonesia Negara Luar Biasa, Ajak Lawan Ekstremisme dan Intoleransi

Kompas.tv - 4 September 2024, 11:30 WIB
paus-fransiskus-nilai-indonesia-negara-luar-biasa-ajak-lawan-ekstremisme-dan-intoleransi
Pemimpin Negara Vatikan yang sekaligus pemimpin Gereja Katolik sedunia, Paus Fransiskus, menilai Indonesia merupakan negara luar biasa yang saling menghormati antarsuku, Rabu (4/9/2024). (Sumber: Tangkapan layar YouTube)
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV – Pemimpin Negara Vatikan yang sekaligus pemimpin Gereja Katolik sedunia, Paus Fransiskus, menilai Indonesia merupakan negara luar biasa yang saling menghormati antarsuku.

Pernyataan Paus Fransiskus tersebut ia sampaikan dalam sambutannya saat bertemu Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) di Istana Negara, Jakarta, Rabu (4/9/2024).

Mengutip tayangan langsung YouTube Kompas TV, Paus menyampaikan sambutannya dalam Bahasa Italia, namun terdapat terjemahan dalam Bahasa Indonesia di layar tayangan.

“Indonesia adalah negara luar biasa untuk perbedaan yang bisa menyatu sebagai satu bangsa. Di sini semua suku saling menghormati,” demikian tertulis dalam terjemahan sambutan Paus.

“Kita harus memperhatikan keseimbangan perbedaan kebudayaan dan ideologi. Kita harus selalu membela perbedaan karena merupakan karya artisanal,” tambahnya.

Paus menambahkan, seorang bijaksana pernah mengatakan politik adalah kebebasan yang utama.

“Kita harus melawan ekstremisme dan intoleransi, yang atas nama agama berusaha menggunakan kekerasan untuk mengambil kekuasaan,” tambahnya.

“Gereja Katolik ingin mencapai perdamaian dan menghormati semua agama.”

Baca Juga: Paus Fransiskus Ingatkan Lawan Ekstrimisme dan Intoleransi, Sampaikan Pidato di Depan Jokowi




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x