Kompas TV nasional politik

HNW Doakan Anies Sukses Buat Partai Politik di Indonesia

Kompas.tv - 3 September 2024, 13:47 WIB
hnw-doakan-anies-sukses-buat-partai-politik-di-indonesia
Wakil Ketua Majelis Syuro Partai Keadilqn Sejahtera (PKS) Hidayat Nur Wahid (HNW) meyakini Partai Demokrasi Indoensia Perjuangan (PDI-P) belum balik badan dalam upaya pengajuan hak angket terkait kecurangan Pemilu di DPR RI, Senin (4/3/2024) (Sumber: Syakirun Niam/Kompas.com)
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS TV - Wakil Ketua Majelis Syura Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Hidayat Nur Wahid (HNW) mendoakan mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan agar sukses ketika akan membuat partai politik (parpol) baru di Indonesia. 

Menurut dia, membuat parpol itu merupakan hak politik dari setiap warga negara. 

"Memang adalah pilihan Pak Anies sendiri tidak mau masuk partai atau Pak Anies kemudian tidak ada partai yang mencalonkan dan beliau kemudian akan membuat partai, saya doakan beliau agar sukses dengan partai barunya," kata HNW di gedung DPR, Jakarta, Selasa (3/9/2024).

Baca Juga: Waketum Golkar Respons Anies yang Ingin Buat Parpol: Jangan Hanya Mau Kekuasaan

HNW menilai kehadiran parpol yang digagas oleh Anies nantinya akan memberikan kontribusi kepada negara. 

"Partai yang beliau akan buat dan saya kira itu satu hal yang wajar dilakukan oleh siapapun yang mempunyai keinginan untuk lebih kuat lagi berkontribusi untuk Indonesia," katanya.

HNW mencontohkan seperti yang dilakukan oleh Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono atau SBY yang menjadi salah satu pendiri partai Demokrat. Namun, tak semua orang berhasil menduduki jabatan tertentu ketika memiliki parpol. 

"Sekalipun memang tidak otomatis bikin partai akan bisa jadi presiden nggak juga. Kita tahu waktu itu Mas Budiman Sudjatmiko dulu membuat PRD ternyata juga kita tahu bagaimana hasilnya. Kita juga tahu Pak Hary Tanoe Perindo dan bagaimana hasilnya," katanya. 

Sebelumnya, Anies menyebut, dirinya membuka peluang ihwal adanya aspirasi atau gagasan untuk membentuk sebuah parpol baru di Indonesia. 

Menurut dia, untuk mewadahi seseorang masuk dalam gerakan perubahan di Tanah Air harus membentuk sebuah organisasi masyarakat (ormas) atau parpol baru.

Baca Juga: 2 Parpol Tak Ikut Kontestasi Pilwalkot Makassar

"Apakah lalu akan buat partai politik baru? Gini, bila untuk mengumpulkan semua semangat perubahan yang sekarang makin hari makin terasa besar dan itu menjadi sebuah kekuatan, diperlukan menjadi gerakan, maka membangun ormas atau membangun partai baru mungkin itu jalan yang akan kami tempuh," kata Anies dalam siaran video yang dikutip dari YouTube Kompas TV, Jumat (30/8/2024). 


 




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x