Kompas TV nasional peristiwa

Alasan Paus Fransiskus Pilih Gunakan Mobil Innova Zenix selama Kunjungan di Indonesia

Kompas.tv - 3 September 2024, 11:11 WIB
alasan-paus-fransiskus-pilih-gunakan-mobil-innova-zenix-selama-kunjungan-di-indonesia
Mobil Kijang Innova Zenix Hybrid yang akan digunakan Paus Fransiskus saat kunjungan di Indonesia. (Sumber: Kompas.com/ErikaDino)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pemimpin Gereja Katolik Dunia Paus Fransiskus bakal menggunakan mobil Kijang Innova Zenix selama kunjungan apostoliknya di Indonesia.

Seperti yang diketahui, Paus Fransiskus akan berada di Indonesia dari 3-6 September 2024. Paus dijadwalkan tiba hari ini, Selasa (3/9/2024) siang.

Dilansir dari Kompas.com, Kijang Innova Zenix berplat SCV 1 tampak terparkir di area gedung VVIP Bandara Soekarno Hatta. 

Pelat nomor SCV 1 sendiri merupakan singkatan dari Status Civitatis Vatcanae 1 yang diterjemahkan sebagai Negara Kota Vatikan 1. Mobil tersebut kabarnya akan digunakan Paus Fransiskus selama kunjungannya di Indonesia.

Alasan Paus Fransiskus menggunakan mobil Kijang Innova Zenix karena merupakan kendaraan yang banyak digunakan masyarakat Indonesia.

“Benar, beliau memilih mobil yang banyak digunakan oleh masyarakat di sini, Toyota Innova,” ucap Uskup Agung Jakarta, Ignatius Kardinal Suharyo.

Pilihan mobil tersebut berbeda dengan kebanyakan tokoh dunia yang memilih mobil mewah selama berkunjung ke Indonesia. Hal itu menunjukkan kesederhanaan yang dimiliki Paus Fransiskus.

Sebelumnya, dikabarkan pula Paus Fransiskus enggan menginap di hotel mewah selama di Indonesia dan memilih tinggal di Kedubes Vatikan.

Seperti yang diketahui, Pemimpin Gereja Katolik Dunia Paus Fransiskus akan melakukan kunjungan apostolik ke Indonesia pada 3-6 September 2024.

Baca Juga: Muhammadiyah Soroti Teladan Paus Fransiskus: Pesawat Komersial dan Tak Menginap di Hotel Berbintang

Selama kunjungan di Jakarta, Paus Fransiskus akan bertemu dengan Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka hingga menggelar Misa Suci di Stadion Utama Gelora Bung Karno.

Jadwal Kunjungan Paus Fransikus di Indonesia 

3 September 2024

  • Pada pukul 11.30 WIB, Bapa Suci diperkirakan tiba di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang

4 September 2024

  • Sekitar pukul 10.00 WIB, Paus akan melakukan kunjungan kepada Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka, setelah itu bertemu dengan para pejabat pemerintahan, korps diplomatik, tokoh-tokoh masyarakat dan masyarakat sipil di Aula Istana Negara.
  • Sekitar pukul 11.30 WIB melakukan pertemuan pribadi dengan anggota Serikat Jesuit di Apostolic Nunciantura kantor Kedutaan Besar Vatikan di Jakarta.
  • Pukul 16.30 WIB mantan Uskup Agung Buenos Aires itu dijadwalkan bertemu para uskup, imam, diakon, biarawan-biarawati, seminaris, dan katekis di Gereja Maria Diangkat ke Surga, Gereja Katedral Jakarta.
  • Pada pukul 17.35 WIB, kaum muda dari Scholas Occurantes diberi kesempatan berjumpa Paus Fransiskus di Youth Center Graha Pemuda Senayan

5 September 2024

  • Sekitar pukul 09.00 WIB, Paus Fransiskus menghadiri interreligous meeting atau pertemuan dengan para tokoh antaragama di Masjid Istiqlal Jakarta disusul pertemuan dengan penerima manfaat organisasi amal di kantor Konferensi Waligereja Indonesia (KWI). 
  • Pukul 17.00 WIB, Paus akan mengadakan Misa Suci di Stadion Utama Gelora Bung Karno Jakarta yang bakal dihadiri puluhan ribu umat Katolik.

6 September 2024

  • Sekitar pukul 9.45 WIB, Paus Fransiskus bertolak dari Jakarta menuju Port Moresby, Papua Nugini melalui Bandara Internasional Soekarno-Hatta.

Baca Juga: Jokowi: Saya Atas Nama Rakyat Indonesia Menyambut Hangat Kunjungan Sri Paus Fransiskus


 




Sumber : Kompas.com, Kompas TV




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x