Kompas TV nasional politik

Luhut soal Airlangga Hartarto Mundur dari Ketum Partai Golkar: Itu Hak Beliau

Kompas.tv - 11 Agustus 2024, 14:52 WIB
luhut-soal-airlangga-hartarto-mundur-dari-ketum-partai-golkar-itu-hak-beliau
Foto Arsip. Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan menanggapi terkait pengunduran diri Airlangga Hartarto sebagai Ketum DPP Partai Golkar. (Sumber: Instagram @luhut.pandjaitan)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV -  Politisi senior Partai Golkar Luhut Binsar Pandjaitan menanggapi singkat terkait pengunduran diri Airlangga Hartarto sebagai Ketua Umum (Ketum) DPP Partai Golkar.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi tersebut menyebut hal itu merupakan hak dari Airlangga.

"Itu hak beliau untuk mundur," kata Luhut di Ibu Kota Nusantara (IKN), Minggu (11/8/2024), dikutip dari Antara.

Diberitakan Kompas.tv sebelumnya, Airlangga menyebut pengunduran dirinya sebagai Ketum Golkar terhitung sejak Sabtu (10/8) malam.

"Dengan mengucapkan Bismillahirrahmanirrahim, serta atas petunjuk Tuhan yang Maha Besar, maka dengan dengan ini saya menyatakan pengunduran diri sebagai Ketua Umum DPP Partai Golkar," kata Airlangga dalam keterangan video yang diteruma Kompas.tv Minggu.

"Pengunduran diri ini terhitung sejak semalam, yaitu Sabtu, 10 Agustus 2024."

Baca Juga: Airlangga Hartarto Resmi Umumkan Mundur dari Kursi Ketua Umum Partai Golkar

Ia menyebut alasan dirinya mengundurkan diri sebagai Ketum Golkar karena untuk menjaga keutuhan Partai dalam rangka memastikan stabilitas transisi pemerintahan dari kepemimpinan Presiden Joko Widodo atau Jokowi ke Presiden Terpilih Prabowo Subianto.

"Selanjutnya, sebagai partai besar yang matang dan dewasa, DPP Partai Golkar akan segera menyiapkan mekanisme organisasi sesuai dengan ketentuan AD/ART organisasi yang berlaku," jelasnya.

Ia pun memastikan pengunduran dirinya, sekaligus penunjukkan Ketum pengganti akan dilakukan dengan damai dan tertib.

"Semua proses ini akan dilakukan dengan damai, tertib, dan dengan menjunjung tinggi marwah Partai Golkar," ungkap Airlangga.

Dalam kesempatan itu, ia juga mengimbau partai politik untuk mengawal dan mengembangkan Demokrasi terus-menerus.  Mengingat partai politik adalah pilar utama demokrasi. Indonesia adalah negeri besar.

"Kita harus memastikan bahwa demokrasi kita terus berjalan dari satu generasi ke generasi berikutnya," tegas Airlangga Hartarto.

Baca Juga: Airlangga Hartarto Dikabarkan Mundur dari Ketum, Ini Kata Petinggi Golkar


 




Sumber : Kompas TV/Antara




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x