Kompas TV nasional humaniora

Segera Disalurkan, Berikut Daftar Bansos yang Cair pada Bulan Agustus 2024

Kompas.tv - 7 Agustus 2024, 18:13 WIB
segera-disalurkan-berikut-daftar-bansos-yang-cair-pada-bulan-agustus-2024
Ilustrasi bantuan sosial (bansos) Program Keluarga Harapan (PKH). (Sumber: Dok. Kementerian Sosial (Kemensos)
Penulis : Kiki Luqman | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pemerintah melalui Kementerian Sosial (Kemensos) akan terus menyalurkan berbagai bantuan sosial (bansos) kepada masyarakat. 

Bantuan ini berupa uang tunai dan bahan pangan, ditujukan bagi keluarga yang kurang mampu secara ekonomi dan telah terdaftar dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).

Berikut adalah rincian bansos yang akan disalurkan sepanjang Agustus 2024:

1. Bantuan Pangan Non-tunai (BPNT)

Selanjutnya, Bantuan Pangan Non-tunai (BPNT) tahap 4 akan disalurkan pada Agustus 2024. BPNT bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat kurang mampu.

Penyalurannya dilakukan bersamaan dengan PKH melalui rekening Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) BRI atau Kantor Pos. Setiap keluarga penerima manfaat (KPM) berhak mendapatkan uang tunai sebesar Rp200.000.

Mengutip tayangan KompasTV, pencairan BPNT tahap 4 dijadwalkan berlangsung dari awal hingga akhir Agustus 2024. Namun, ada kemungkinan pencairan dapat mundur ke September atau digabungkan untuk tahap 3 dan 4.

2. Pemenuhan Kebutuhan Dasar (PKD)

Bansos Pemenuhan Kebutuhan Dasar (PKD) yang disalurkan oleh Dinas Sosial (Dinsos) DKI Jakarta juga akan cair pada Agustus 2024. 

Kepala Dinsos Jakarta, Premi Lasari, menyatakan bahwa dana bansos akan diisi ulang pada awal Agustus 2024, dengan waktu yang belum ditentukan.

Pada Selasa (23/7/2024), Dinsos DKI Jakarta telah membagikan kartu ATM Bank DKI kepada penerima PKD, yang meliputi 8.097 penerima KAJ, 17.398 anak, 54.165 lansia penerima KLJ, dan 6.534 penerima KPDJ.

Besaran bantuan PKD adalah Rp300.000 per bulan, selama enam bulan terhitung dari Januari hingga Juni 2024, sehingga total bantuan yang diterima adalah Rp1,8 juta.

Baca Juga: Cara Cek Penyaluran Bansos BPNT Agustus 2024, Simak Panduan dan Tipsnya




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x