Kompas TV nasional peristiwa

Prospek Cuaca 7 Hari ke Depan, BMKG: Waspada Hujan Lebat dan Angin Kencang di Wilayah Ini

Kompas.tv - 2 Agustus 2024, 19:10 WIB
prospek-cuaca-7-hari-ke-depan-bmkg-waspada-hujan-lebat-dan-angin-kencang-di-wilayah-ini
Peringatan dini sepekan ke depan, BMKG imbau waspada hujan lebat disertai petir dan angin kencang (Sumber: Tribunnews)
Penulis : Dian Nita | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini potensi hujan lebat disertai petir dan angin kencang dalam 7 hari ke depan 2-8 Agustus 2024.

Secara umum, wilayah Indonesia khususnya bagian selatan saat ini masih berada pada periode puncak musim kemarau.

Cuaca cerah masih mendominasi hampir di seluruh pulau Jawa, Bali, Nusa Tenggara, dan Kalimantan bagian selatan.

Dalam prospek cuaca sepekan ke depan, analisis dan pantauan BMKG menemukan bahwa dalam sepekan terakhir curah hujan di wilayah Indonesia bagian selatan masih cukup minim pada akhir Juli.

Baca Juga: Peringatan Dini BMKG 3-4 Agustus 2024: Wilayah Ini Waspada Cuaca Ekstrem Hujan Lebat

Namun beberapa wilayah tercatat mengalami hujan dengan intensitas lebat, di antaranya Luwu Utara (Sulawesi Selatan), Kalimantan Barat, Papua Tengah, Sumatera Barat, Fakfak (Papua Barat).

Menurut BMKG, dalam sepekan ke depan, masih terdapat potensi hujan di beberapa wilayah seperti Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Jambi, Riau, Kep. Riau, Sumatera Selatan, sebagian besar Pulau Jawa, Bali, Nusa Tenggara Barat, Kalimantan, Sulawesi, Maluku, dan Papua. 

Selain dari keberadaan Gelombang Kelvin yang dapat meningkatkan potensi hujan di wilayah tersebut, daerah pertemuan dan perlambatan angin serta pengaruh lokal seperti labilitas udara yang kuat juga mendukung pertumbuhan awan konvektif yang dapat menyebabkan hujan di wilayah Indonesia, khususnya bagian utara.

Secara umum, kombinasi fenomena-fenomena cuaca tersebut diprakirakan menimbulkan potensi cuaca signifikan dalam periode 2 - 8 Agustus 2024, berupa:

Potensi hujan sedang - lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang di wilayah Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Jambi, Sumatera Selatan, Kep. Bangka Belitung, Lampung, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Bali, NTB, NTT, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Maluku Utara, Maluku, Papua Barat Daya, Papua Barat, Papua Tengah, Papua Selatan, Papua Pegunungan, Papua.

Potensi angin kencang di wilayah Jawa Tengah, Jawa Timur, Sulawesi Selatan, Maluku, Papua Selatan.

Baca Juga: Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 71 Sudah Dibuka! Ini Jadwal, Syarat, dan Insentifnya

Imbauan dari BMKG

Dengan adanya potensi hujan di wilayah Indonesia terutama Indonesia bagian utara, maka masyarakat dihimbau untuk:

  • Tetap tenang namun tetap waspada terhadap potensi bencana hidrometeorologi yang sewaktu-waktu dapat terjadi;
  • Mengenali potensi bencana di lingkungannya dan mulai memahami cara mengurangi resiko bencana tersebut, misalnya dengan tidak membuang sampah sembarangan, bergotong royong menjaga kebersihan dan menata lingkungan sekitarnya;
  • Khusus untuk daerah bertopografi curam/bergunung/tebing atau rawan longsor dan banjir agar tetap waspada terhadap dampak yang ditimbulkan akibat cuaca ekstrem seperti banjir, banjir bandang, tanah longsor, jalan licin, pohon tumbang dan berkurangnya jarak pandang

 

 




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



Kunjungan Paus ke Indonesia

FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x