Kompas TV nasional peristiwa

Menteri Basuki: Rumah-Rumah di IKN Bakal Dialiri Air Minum Berkualitas Lewat Keran Akhir Juli 2024

Kompas.tv - 25 Juli 2024, 08:50 WIB
menteri-basuki-rumah-rumah-di-ikn-bakal-dialiri-air-minum-berkualitas-lewat-keran-akhir-juli-2024
Desain Kantor Presiden di IKN. (Sumber: Dok. Kemenparekraf)
Penulis : Danang Suryo | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Ibu Kota Nusantara (IKN) telah memasuki tahap baru dalam pengembangan infrastrukturnya dengan dimulainya pengaliran air minum. Uji coba pengaliran air ketiga dari Instalasi Pengolahan Air Minum (IPA) Sepaku menuju Reservoir Induk IKN Nusantara telah dilaksanakan sejak Sabtu hingga Senin dini hari (20-22 Juli 2024).

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, yang juga menjabat sebagai Plt Kepala Otorita IKN, memantau langsung proses pengujian ini.

"Ini air minum, bukan hanya air bersih. Air dari keran di apartemen dan rumah di IKN langsung dapat diminum," ujar Basuki dikutip dari Tribunnews, Rabu (24/7/2024).

Sistem ini direncanakan akan beroperasi penuh melayani persil dan gedung-gedung di Nusantara pada akhir Juli 2024.

"Kami terus mengecek kualitas airnya sebelum masuk ke reservoir. Kita berharap air minum ini sudah dapat dimanfaatkan pada beberapa hari ke depan."

Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Sepaku terdiri dari IPA berkapasitas 300 liter per detik, pipa transmisi sepanjang 16 km, reservoir, dan pipa distribusi sepanjang 22 km.

Baca Juga: 28 Juli 2024, Presiden Jokowi Mulai Berkantor di IKN

Dalam tahap pertama, SPAM Sepaku akan melayani berbagai fasilitas penting di IKN, termasuk Kantor dan Istana Presiden, Kementerian Sekretariat Negara, Paspampres, kompleks empat Kementerian Koordinator, dan Amphitheater.

Selain itu, fasilitas publik seperti galeri, area layanan, hunian ASN, Rumah Tapak Jabatan Menteri (RTJM), hotel, sekolah, pertokoan, dan rumah sakit juga akan terlayani.

Jokowi Mulai "Ngantor" di IKN Akhir Juli

Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan mulai berkantor di Ibu Kota Nusantara (IKN) pada 28 Juli 2024, menurut Kepala Sekretariat Presiden, Heru Budi Hartono.

Pada tanggal tersebut, Jokowi juga dijadwalkan untuk meresmikan jalan tol dan meninjau perkembangan pembangunan IKN.

Selama kunjungannya, Presiden Jokowi diperkirakan akan menginap di IKN selama satu hingga dua hari. Heru menyebutkan bahwa tim mereka akan fokus pada persiapan infrastruktur dan fasilitas yang diperlukan untuk perayaan 17 Agustus mendatang.

"Jadi nanti setelah tanggal 28 (Juli) jadi mungkin beliau ada beberapa kali lagi ke IKN sebelum menjelang 17 Agustus. Kan masih ada kegiatan kunker dan lain-lain," jelas Heru diberitakan Kompas TV.

Baca Juga: Setpres Mulai Siapkan Furnitur Kantor Presiden di IKN

Jokowi disebut mungkin akan melakukan beberapa kunjungan ke IKN menjelang perayaan Hari Kemerdekaan. Namun, Heru belum dapat mengonfirmasi apakah akan ada sidang kabinet di IKN, menyarankan agar pertanyaan tersebut diarahkan kepada Sekretaris Kabinet.

Sekretariat Presiden mulai melengkapi Kantor Presiden dengan berbagai perabotan. Heru menyebutkan upaya yang sedang berlangsung untuk melengkapi kantor dengan furnitur dan perlengkapan penting, termasuk kursi, meja, dan lampu. 


 

 




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



Kunjungan Paus ke Indonesia

FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x