Kompas TV nasional peristiwa

Istana Negara di IKN akan Fungsional Akhir Juli 2024, Satgas: Lapangan Siap untuk Upacara HUT RI

Kompas.tv - 11 Juli 2024, 17:00 WIB
istana-negara-di-ikn-akan-fungsional-akhir-juli-2024-satgas-lapangan-siap-untuk-upacara-hut-ri
Maket Istana Negara dan Kantor Presiden di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. Kepala Badan Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) Bambang Susantono menyatakan, Istana Negara dan Hotel Nusantara akan siap digunakan pada upacara kemerdekaan RI pada 17 Agustus 2024. (Sumber: Kompas.tv/Ant)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Gading Persada

KOMPAS.TV -  Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Satgas Perencanaan Pembangunan Infrastruktur Ibu Kota Nusantara (IKN) mengungkapkan Istana Negara di Nusantara, Kalimantan Timur, akan fungsional pada akhir Juli 2024.

"Kita bisa melihat bahwa Istana Negara nanti akhir Juli akan fungsional,"kata Ketua Satgas Perencanaan Pembangunan Infrastruktur IKN, Imam Santoso Ernawi, dalam konferensi pers daring di Jakarta, Kamis (10/7/2024).

Imam menjelaskan, sebagian besar ruangan di Istana Negara, terutama ruang-ruang utamanya, juga akan fungsional pada akhir bulan ini.

Sementara itu, Lapangan Upacara telah berfungsi 100 persen dan siap digunakan untuk Upacara Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan RI ke-79 di IKN. Lapangan tersebut memiliki kapasitas besar dan dapat menampung hingga 8.000 orang.

"Lapangan upacara sudah bisa, podiumnya juga sudah selesai, semuanya sudah berfungsi 100 persen dan siap digunakan untuk Upacara HUT RI," ungkapnya.

Adapun progres pembangunan Istana Negara dan Lapangan Upacara di IKN per 4 Juli telah mencapai 82,73 persen. 

Sementara itu progres pembangunan Kantor Presiden telah mencapai 88,54 persen.

Baca Juga: Ini Alasan Presiden Jokowi Batal Berkantor di IKN Bulan Juli 2024

Kementerian PUPR akan melakukan test and commissioning atau uji coba terhadap Istana Negara, Kantor Presiden, dan Lapangan Upacara pada bulan Juli ini.

"Juli ini adalah bulan yang kita sebut sebagai test and commissioning, jadi bulan uji coba supaya pada Agustus semuanya sudah bersih," kata Imam.

Pemerintah terus berkomitmen menyiapkan berbagai sarana dan prasarana untuk pelaksanaan Upacara HUT ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia di ibu kota baru Nusantara. 

Salah satu aspek utama yang menjadi perhatian adalah kesiapan Lapangan Upacara yang pembangunannya ditargetkan selesai dalam waktu dekat.

Pembangunan Lapangan Upacara, yang merupakan pusat dari perayaan HUT Kemerdekaan, telah memasuki tahap akhir.

Pemerintah pun berupaya mempercepat pembangunan untuk memastikan seluruh fasilitas dan infrastruktur pendukung siap mendukung terlaksananya upacara di Nusantara. 

Baca Juga: Rencana Berkantor di IKN pada Juli Belum Terlaksana, Jokowi Tunggu Air dan Listrik Siap


 




Sumber : Antara, Kompas TV




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x