Kompas TV nasional peristiwa

Hari Kebaya Nasional Perdana Kowani Gelar Acara Bangga Berkebaya, Ini Jadwalnya

Kompas.tv - 24 Juni 2024, 12:38 WIB
hari-kebaya-nasional-perdana-kowani-gelar-acara-bangga-berkebaya-ini-jadwalnya
Logo Kowani. Kongres Wanita Indonesia akan gelar acara memperingati Hari Kebaya Nasional perdana 24 Juli 2024 (Sumber: kowani)
Penulis : Dian Nita | Editor : Deni Muliya

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pada peringatan Hari Kebaya Nasional 2024 yang jatuh pada 24 Juli mendatang, Kongres Wanita Indonesia (Kowani) akan menggelar acara "Bangga Berkebaya"

Kowani adalah organisasi federasi Perempuan yang terbesar dan tertua di Indoesia.

Kowani juga sebagai wadah dari 104 organisasi wanita di tingkat pusat dengan lebih dari 100 juta anggota perempuan dari seluruh Indonesia.

Latar belakang yang mengisi organisasi itu berbeda-beda, di antaranya kalangan profesi, agama, pendidikan dan budaya.

Ketua Umum Kowani Dr. Ir. Giwo Rubianto Wiyogo, M.Pd mengatakan , 24 Juli ditetapkan sebagai Hari Kebaya Nasional oleh Presiden RI Joko Widodo pada tanggal 4 Agustus 2023.

Hal ini bakal menjadi yang perdana dalam peringatan hari kebaya nasional setelah ditetapkan.

Penetapan tersebut merujuk pada Kongres Wanita Indonesia X yang dihadiri oleh Presiden Republik Indonesia pertama, Ir. Soekarno.

Ketika itu seluruh peserta mengenakan kebaya, pakaian nasional wanita Indonesia.

Baca Juga: Parade Kebaya Nusantara Meriahkan Hari Kartini

"Hasil Kongres XXV Tahun 2019, khususnya di bidang IPTEK, Seni dan Budaya sangat relevan jika pada tanggal 24 Juli 2024 KOWANI mengadakan peringatan Hari Kebaya Nasional di Istora Senayan Jakarta," kata Giwo dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.tv, Senin (24/6/2024).

"Diharapkan dapat dihadiri oleh Presiden RI. Bapak Joko Widodo, dengan peserta yang akan hadir sebanyak 7.000 perempuan," kata Giwo dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.tv, Senin (24/6/2024).

Giwo menyebut, melalui Peringatan Hari Kebaya Nasional, para perempuan Indonesia dan generasi penerus bangsa dapat terus bersinergi dalam melestarikan kebaya.



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x