Kompas TV nasional politik

Ridwan Kamil Berpendapat Jakarta Perlu Pemimpn yang Punya Imajinasi

Kompas.tv - 23 Juni 2024, 17:15 WIB
ridwan-kamil-berpendapat-jakarta-perlu-pemimpn-yang-punya-imajinasi
Ridwan Kamil di Kantor BI Perwakilan Jawa Barat, Kota Bandung, Jawa Barat, Minggu (25/6/2023). (Sumber: Kompas TV/Antara)
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Tito Dirhantoro

JAKARTA, KOMPAS.TV - Mantan Gubernur Jawa Barat (Jabar), Ridwan Kamil, berpendapat Jakarta membutuhkan pemimpin yang mempunyai imajinasi.

Penjelasan Ridwan Kamil tersebut ia sampaikan saat memberikan pandangan mengenai masa depan Jakarta dalam acara Konsolidasi Relawan Kita (RK) di Jakarta, Sabtu (22/6/2024).

Menurutnya, Jakarta merupakan tempat bagi gagasan kelas dunia dan didukukung oleh infrastruktur serta anggaran.

"Jakarta adalah tempat untuk gagasan kelas dunia. Mengapa? Karena potensi pendukungnya ada, begitu juga infrastruktur dan anggarannya, yang dibutuhkan adalah pemimpin yang punya imajinasi. Jakarta membutuhkan perubahan," kata Ridwan Kamil melalui keterangan tertulis yang diterima Antara, Minggu (23/6/2024).

Baca Juga: PAN-Gerindra Yakinkan Golkar Usung Ridwan Kamil di Pilgub Jakarta

Kang Emil, sapaan akrabnya, juga menyebut bahwa Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Jakarta bersejarah karena bersamaan dengan berlangsungnya pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN).

Meski pembangunan IKN sedang berlangsung, ia berharap Jakarta tidak perlu takut dengan lepasnya status ibu kota negara.

"Jakarta tidak perlu takut pada IKN karena Jakarta akan tetap punya relevansinya sendiri sebagai kota yang sudah eksis ratusan tahun," tuturnya.

Dalam kesempatan itu, ia juga menyoroti sejumlah persoalan yang dihadapi Jakarta, termasuk polusi udara.

Hal itu, kata Kang Emil, tidak terlepas dari kondisi yang terjadi di tingkat global maupun wilayah sekitarnya.

"Memimpin Jakarta harus memahami wilayah-wilayah tetangganya, yakni Jawa Barat dan Banten. Jakarta harus menjadi 'kakak yang baik' bagi kota dan kabupaten di sekitarnya," ujarnya.

Baca Juga: Golkar Tunggu Hasil Evaluasi sebelum Tentukan Ridwan Kamil Maju di Pilkada Jabar atau Jakarta

Ketua Umum Relawan Kita, Henry Baskoro, menyebut kelompok tersebut terbentuk beberapa waktu lalu, saat kabar mengenai Ridwan Kamil akan maju pada Pilkada Jakarta 2024 santer terdengar.

"Kelompok ini bersifat independen, tidak mewakili partai politik, dan berasal dari berbagai kelompok di Jakarta yang memiliki aspirasi yang sama, yakni menjadikan Ridwan Kamil sebagai Gubernur Jakarta," kata Henry saat acara konsolidasi berlangsung.



Sumber : Antara



BERITA LAINNYA



Close Ads x