Kompas TV nasional rumah pemilu

Demokrat Sebut Ridwan Kamil Menguat untuk Pilkada Jakarta

Kompas.tv - 14 Juni 2024, 21:46 WIB
demokrat-sebut-ridwan-kamil-menguat-untuk-pilkada-jakarta
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil di Kantor BI Perwakilan Jawa Barat, Kota Bandung, Jawa Barat, Minggu (25/6/2023). (Sumber: Kompas TV/Antara)
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS TV - Deputi Bappilu DPP Partai Demokrat Kamhar Lakumani menyebut, nama mantan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menguat untuk diusung partai politik yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Maju (KIM) di gelaran Pilkada Jakarta 2024.

KIM itu terdiri dari Partai Golkar, Gerindra, PAN, PBB, Gelora. 

"Benar bahwasanya di level pimpinan parpol yang tergabung di KIM telah ada pembicaraan lebih lanjut terkait nama yang akan diusung pada Pilkada Jakarta," kata Kamhar kepada wartawan, Jumat (14/6/2024). 

Baca Juga: PAN dan Golkar Buka Opsi Duet Ridwan Kamil-Kaesang di Pilkada Jakarta

"Sampai saat ini hanya satu nama yang menguat sebagai bakal Cagub Jakarta di KIM, hanya Ridwan Kamil atau Kang Emil," sambungnya. 

Kamhar menyebut Partai Demokrat berkomitmen untuk berkoalisi dengan parpol yang ada di KIM pada pesta demokrasi nanti. 

Ia berharap agar bisa mengajukan kader internal sebagai bakal calon wakil gubernur.

"Ada Iti Octavia Jayabaya mantan anggota DPR RI dan Bupati Lebak 2 periode, Mujiono anggota DPRD DKI yang terpilih untuk periode ke-4 yang juga Ketua DPD Partai Demokrat DKI Jakarta dan Ali Muhammad Suharli anggota DPRD Provinsi DKI Jakarta 2 periode," katanya.

Sebelumnya, Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan menyebut Presiden Joko Widodo atau Jokowi tidak setuju jika putranya, Kaesang Pangarep, maju Pilkada 2024.

Namun, lanjut Zulkifli, PAN dan partai-partai yang tergabung dalam KIM membutuhkan Kaesang Pangarep untuk bisa meraih kemenangan.

Dalam keterangannya, Zulkifli menuturkan, PAN untuk Pilkada Jakarta 2024 akan mengusung Ridwan Kamil sebagai bakal calon gubernur.

Menurut Zulkifli, dukungan untuk mengusung Ridwan Kamil di Pilkada Jakarta sudah mendapat persetujuan dari kader partai di berbagai tingkatan.

Baca Juga: Zulhas Usul Ridwan Kamil Maju Pilgub Jakarta saat Pertemuan Jokowi dan Ketum Parpol

“Ya saya mengusulkan Ridwan Kamil di Jakarta, semua setuju,” kata Zulhas di Kompleks Istana Kepresidenan, Jumat (14/6/2024).


 



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x