Kompas TV nasional politik

Diusung NasDem jadi Bakal Cagub Jabar, Ilham Habibie Ternyata Punya KTA Golkar

Kompas.tv - 14 Juni 2024, 07:18 WIB
diusung-nasdem-jadi-bakal-cagub-jabar-ilham-habibie-ternyata-punya-kta-golkar
CEO PT Ilthabi Rekatama Ilham Akbar Habibie saat berdialog di program Rosi KOMPAS TV terkait keinginannya menjadi bakal calon gubernur Jawa Barat di Pilkada Jawa Barat 2024, Kamis (13/6/2024). (Sumber: KOMPAS TV)
Penulis : Johannes Mangihot | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - CEO PT Ilthabi Rekatama Ilham Akbar Habibie diusung Partai NasDem menjadi bakal calon gubernur di Pilkada Jawa Barat 2024.

Dukungan Partai NasDem itu diterima langsung putra sulung Presiden ke-3 RI Bacharuddin Jusuf Habibie itu di Kantor DPP Partai Nasdem, Jumat (6/6/2024). 

Ilham menjelaskan kesempatan maju di kontestasi Pilkada merupakan pengalaman baru. Namun di dunia politik Ilham merupakan kader Partai Golkar, mengikuti jejak sang ayah, Presiden ke-3 RI B.J Habibie. 

Di Golkar Ilham menjelaskan mendapat posisi Dewan Kehormatan Partai, akan tetapi dirinya tidak terlalu aktif. 

"Saya terus terang ada kartu anggota Golkar, tapi saya tidak terlalu aktif. Saya di dewan kehormatan, di situ saya ikut diskusi tapi tidak punya tugas, tidak punya wewenang dan tidak punya apa-apa," ujarnya di program Rosi KOMPAS TV, Kamis (13/6/2024) malam. 

Baca Juga: NasDem Usung Ilham Habibie di Pilkada Jabar 2024, Surya Paloh: Dia Punya Kapasitas dan Profesional

Ilham menambahkan sejatinya akses politik yang dimiliki bisa saja digunakan untuk maju di Pilkada ataupun di Pileg. Terlebih Golkar merupakan partai besar dan memiliki jaringan hingga ke tingkat desa.  

Namun ia memilih untuk berusaha sendiri dan berporses dari bawah, tanpa memanfaatkan akses yang sudah ada. 

"Bapak (almarhum BJ Habibie) mau saya menjadi seseorang karena kemampuan saya bukan karena saya anak bapak walaupun saya tidak bisa melarikan diri dari hal itu. Itu yang saya belajar dari bapak, saya yakin kita sebagai negara dan bangsa harus mengacu pada prinsip itu, harus meritokrasi di bidang apapun, tidak hanya di politik," ujarnya. 

Politik yang bertujuan

Lebih lanjut Ilham menjelaskan alasan dirinya mulai aktif di politik tidak terlepas dari tujuan besar Indonesia menjadi negara maju.

Baca Juga: Menakar Calon Kuat Pilkada Jabar 2024: Popularitas, Elektabilitas, dan Isi Tas

Menurutnya banyak hal yang dapat dilakukan dalam membangun negara. Untuk mendorong pembangunan berjalan dengan lebih cepat, perlu masuk ke pemerintahan, dan Pilkada serentak 2024 menjadi salah satu pintu dalam mendorong pembangunan berjalan lebih cepat dari yang diharapkan.

"Kita punya keyakinan dalam membangun negara dan bangsa ini ada cara tertentu, dan yang bisa mencapai hal tersebut ada yang tidak. Itu yang membuat saya berkeyakinan bahwa saya harus terjun langsung. Karena kita ini punya rencana besar Indonesia Emas 2045 menjadi negara maju," ujar Ilham.

Ilham menambahkan untuk menjadi negara maju, Indonesia perlu memperkuat sektor industri. Menurutnya dalam belasan tahun pertumbuhan industri di tanah air tidak berjalan mulus. 

Untuk itu perlu kebijakan-kebijakan dari pemerintah yang mendorong pertumbuhan industri secara pesat. 

"Dalam hal ini tentu saya serius dalam hal ini. Saya sadar di ranah politik saya bukan orang yang datang dengan rekam jejak puluhan tahun, tapi saya bisa cepat belajar," ujar Ilham.

Baca Juga: PKB Buka Peluang Koalisi dengan NasDem Usung Ilham Habibie di Pilkada Jawa Barat

"Jawa Barat ini adalah episentrum industri di Indonesia, lebih dari 50 persen industri kita di provinsi itu, jadi ini momentumnya," ujarnya. 


 



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x