Kompas TV nasional hukum

Mahfud MD soal Kasus Vina Cirebon: Bukan Sekadar Unprofessional, tetapi Memang Ada Permainan

Kompas.tv - 13 Juni 2024, 13:15 WIB
mahfud-md-soal-kasus-vina-cirebon-bukan-sekadar-unprofessional-tetapi-memang-ada-permainan
Calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 3 Mahfud MD. (Sumber: Tangkapan layar Kompas TV)
Penulis : Ninuk Cucu Suwanti | Editor : Tito Dirhantoro

Catatan Redaksi:

Berita ini mengklarifikasi berita yang sebelumnya sudah tayang dengan judul "Mahfud Sebut Kasus Vina Selesai 7 Hari, Habiburokhman: Sudah Game Over, Jangan Banyak Komen". Klarifikasi dilakukan setelah mendapat konfirmasi dari pihak terkait. Redaksi memohon maaf atas kekeliruan yang terjadi sebelumnya.

 

JAKARTA, KOMPAS.TV - Mantan Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD buka suara terkait kasus Vina Cirebon.

Menurut Mahfud, penyidik kepolisian yang menangani kasus Vina Cirebon tidak profesional. Ia menduga ada permainan dalam kasus ini.

Hal tersebut disampaikan oleh Mahfud MD dalam tayangan Podcast Youtube Terus Terang Mahfud MD, yang dikutip pada Kamis (13/6/2024).

"Ini bagian dari penyimpangan. Saya tidak tahu persis kasus Vina, tetapi konstruksi kasusnya begini. Dulu ada tersangka 10/11 kan untuk pembunuhan Vina. Lalu diajukan ke pengadilan itu berita acaranya ada 10 atau 11 orang diajukan ke pengadilan, yang 3 lari, yang 8 sudah dihukum. Nah, sesudah muncul Vina sebelum 7 hari itu, lalu kasus ini muncul lagi,” kata Mahfud.

“Dulu lari itu kemana orang gitu, itu kan resmi diumumkan buron 3 orang namanya abcd. Nah, ini baru muncul kasus ini, sehingga saya berpikir ini bukan sekadar unprofessional tetapi memang ada permainan.”

Baca Juga: Hasto Diperiksa Beruntun di Polda dan KPK, Ronny Talapessy: Ini Jelas Sangat Politis

Mahfud lantas menyoroti soal perkembangan kasus Vina terkait sikap kepolisian yang justru mengurangi jumlah daftar pencarian orang (DPO) dari 3 menjadi 1 orang.

“Konyolnya lagi, padahal dulu resmi di dalam berita acara, resmi di dalam rilis yang diumumkan itu bahwa buron 3 orang. Sekarang sudah mulai ketahuan ada 2 masalah. Satu, Pegi ditangkap sementara mulai muncul kesaksian bahwa orangnya bukan itu, dan Peginya sendiri mengaku ndak tahu. Pegi yang ditangkap apakah Pegi ini namanya yang sekarang ada, apakah ini bukan sekadar kambing hitam,” ucap Mahfud.

“Lalu yang kedua, yang 2 orang yang buron ini, kok sekarang dibilang dulu salah sebut, mana ada orang sudah menyelidiki sekian lama kok salah sebut.”

Baca Juga: Menkumham Yasonna Buka Suara Kasus Vina, Singgung Kasus Salah Tangkap Petani Sengkon dan Karta

Sebelumnya, dalam berita Kompas TV, terdapat kekeliruan soal konteks penyebutan waktu penyelesaian kasus Vina Cirebon bisa dilakukan 7 hari.

Mahfud MD, sebagaimana dalam tayangan podcast Terus Terang Mahfud MD, tidak menyebutkan hal tersebut.



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x