Kompas TV nasional politik

Waketum Gerindra Sebut Rakyat Jakarta Ingin Sosok Gubernur Baru: Ridwan Kamil Kompetitif

Kompas.tv - 13 Juni 2024, 09:01 WIB
waketum-gerindra-sebut-rakyat-jakarta-ingin-sosok-gubernur-baru-ridwan-kamil-kompetitif
Wakil Ketua Umum DPP Partai Gerindra Habiburokhman di gedung DPR, Jakarta, Selasa (26/9/2023). (Sumber: Fadel Prayoga/Kompas TV)
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS TV - Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Habiburokhman menyebut, masyarakat DKI Jakarta menginginkan sosok gubernur yang baru dalam memimpin daerah tersebut untuk lima tahun mendatang. 

Oleh sebab itu, keputusan partainya mengusung Politikus Partai Golkar Ridwan Kamil di Pilkada Jakarta 2024 adalah tepat. Dirinya meyakini mantan gubernur Jawa Barat itu bisa mengalahkan Anies Baswedan dalam pesta demokrasi nanti. 

Menurut dia, Gerindra memiliki pengalaman yang positif saat mengusung seseorang di Pilkada Jakarta. Misalnya, kala mendukung pasangan Joko Widodo (Jokowi)-Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok di Pilkada Jakarta 2012.  

Baca Juga: Kaesang Pangarep Klaim Tak Masalah Dipasangkan dengan Anies Baswedan di Pilkada Jakarta

"Saya pikir kalau pak Ridwan Kamil itu bisa sangat kompetitif kalau dengan pak Anies. Masyarakat Jakarta ini saya paham banget. Saya ini memenangi (Pileg 2024), saya ada tim yang ikut memenangkan, memenangi dua pilkada Jakarta terakhir. Waktu kami mengusung Jokowi-Ahok dari Partai Gerindra, kami menang," kata Habiburokhman kepada wartawan, Rabu (12/6/2024). 

"Waktu kami mengusung Anies (Baswedan) sama Sandi (Uno) di Pilkada Jakarta 2017, kami menang lagi. Saya paham banget situasi Jakarta yang menginginkan sosok (gubernur) yang baru, kebanyakan begitu," sambungnya. 

Ia mencontohkan seperti pada hasil Pileg 2024 yang lolos menjadi anggota DPRD dan DPR RI mayoritas adalah para politikus anyar.  

"Makanya di pileg aja hampir tidak ada inkumben yang bertahan. Alhamdulillah nih Habiburokhman bertahan," katanya. 

Selain itu, kata dia, ketika Anies berlaga di Pilpres 2024, hasilnya juga kalah dari Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka di Jakarta. 

Baca Juga: Pengamat Politik Terka Motif Gerak-gerik dan Sinyal PDIP ke Anies Baswedan untuk Pilgub Jakarta

"Mau (kalah) tipis, tapi kalah. Judulnya tetap kalah. Kalah ya kalah. Jadi kalau masuknya Pak Ridwan Kamil itu kan terhitung sosok baru tinggal menggandeng wakilnya siapa yang mendukung, bukan mengurangi dan bukan membebani. Saya pikir peluang Pak Ridwan Kamil menang cukup besar," katanya.


 



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x