Kompas TV nasional hukum

PDIP Pastikan Hasto Hadir pada Panggilan KPK Hari Ini

Kompas.tv - 10 Juni 2024, 07:40 WIB
pdip-pastikan-hasto-hadir-pada-panggilan-kpk-hari-ini
Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPP PDI Perjuangan atau PDIP Hasto Kristiyanto di Sekolah Partai PDIP, Jakarta Selatan, Kamis (6/6/2024). (Sumber: Fadel Prayoga/Kompas TV)
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Tito Dirhantoro

JAKARTA, KOMPAS TV - Juru bicara PDI Perjuangan atau PDIP Chico Hakim memastikan Sekretaris Jenderal PDIP, Hasto Kristiyanto, akan memenuhi panggilan pemeriksaan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pada hari ini, Senin (10/6/2024). 

Adapun pemanggilan Hasto untuk dimintai keterangan terkait kasus dugaan korupsi yang melibatkan buronan sekaligus mantan Politikus PDIP Harun Masiku.  

"Tentu Pak Sekjen Hasto Kristiyanto akan menghadiri undangan yang diberikan oleh KPK untuk memberikan keterangan," kata Chico kepada wartawan, Selasa (4/6/2024).

Baca Juga: Hari Ini, Hasto Kristiyanto Bakal Diperiksa KPK terkait Kasus Harun Masiku

Menurut dia, sebagai warga negara yang menjunjung tinggi nilai Pancasila, tentu Hasto akan menghormati setiap panggilan dari aparat penegak hukum. 

"Kami tentu dari partai akan mendampingi dari pihak hukum (pengacara) maupun dan kami yang memang kader-kader partai yang lain," kata Chico.

Kepala Bagian Pemberitaan KPK, Ali Fikri menyebut Hasto akan diperiksa terkait kasus suap dan keberadaan Harun Masiku, tersangka KPK yang masih buron.

“Yang bersangkutan (Hasto) dipanggil sebagai saksi untuk hadir di Gedung Merah Putih KPK pada Senin, 10 Juni 2024,” kata Ali Fikri dalam keterangannya, Kamis (6/6).

Adapun kepentingan penyidik memanggil Hasto untuk mengonfirmasi informasi baru mengenai dugaan keberadaan Harun Masiku.

KPK pun berharap Hasto dapat kooperatif menghadiri pemeriksaan terkait kasus dugaan suap Harun Masiku tersebut sesuai jadwal pemanggilan dimaksud. 

Sementara itu, Hasto telah menyatakan akan memenuhi panggilan KPK. Ia menyebut hal itu dikarenakan KPK merupakan lembaga yang dibentuk di masa pemerintahan Ketua Umum PDIP Megawati Seokarnoputri saat menjadi presiden RI.

Baca Juga: Komentar Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto Terkait Gibran Rakabuming Bagikan Buku Bersampul Jan Ethes

"Saya datang (penuhi panggilan KPK), karena yang mendirikan KPK Bu Mega," kata Hasto Sabtu (8/6), dikutip Kompas.com.



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x