Kompas TV nasional humaniora

Presiden Jokowi Berikan Sapi Arjuna untuk Masyarakat Sulawesi Tengah, Bobotnya Hampir 900 Kg

Kompas.tv - 6 Juni 2024, 21:05 WIB
presiden-jokowi-berikan-sapi-arjuna-untuk-masyarakat-sulawesi-tengah-bobotnya-hampir-900-kg
Sapi Arjuna yang akan diberikan untuk masyarakat Sulawesi Tengah oleh Presiden Joko Widodo. (Sumber: Kompas.com/Erna Dwi L)
Penulis : Danang Suryo | Editor : Tito Dirhantoro

PALU, KOMPAS.TV - Dalam rangka menyambut hari raya Iduladha 2024/1445 Hijriah, Presiden Joko Widodo aau Jokowi kembali memberikan bantuan hewan kurban berupa satu ekor sapi untuk masyarakat Sulawesi Tengah.

Hewan kurban dari presiden ini nantinya akan disembelih dan dagingnya dibagikan kepada warga setelah prosesi penyembelihan.

Staf Bidang Peternakan di Dinas Perkebunan dan Peternakan Sulawesi Tengah, Rusli, menyampaikan sebelum diberikan kepada masyarakat, sapi kurban tersebut telah melalui proses seleksi ketat selama 3 bulan oleh tim selektor.

Dari usulan tiga ekor sapi yang diajukan, tim akhirnya memilih satu ekor sapi terberat dengan bobot 874 kilogram yang berlokasi di Desa Tinombala, Kecamatan Ongka Malino, Kabupaten Parigi Moutong.

“Kita usulkan ada 3 sapi ke kementerian. Dari 3 yang diusulkan diminta yang terberat, sapinya minimal 874 kilogram. Akhirnya kita dapat di Kabupaten Parigi Moutong di Desa Tinombala, Kecamatan Ongka Malino,” kata Rusli.

Baca Juga: Temuan 25 Ekor Sapi Mati Mendadak, Petugas Periksa Hewan Kurban yang Dijual di Kediri

Sapi kurban yang diberi nama Arjuna dengan bobot lebih dari 800 kilogram itu rencananya akan disembelih di halaman Masjid Jami, Jalan Tombolotutu, Kecamatan Mantikulore, Kota Palu, Sulawesi Tengah.

“Sapi Arjuna juga sudah memiliki surat keterangan kesehatan hewan," kata Rusli dikutip dari Kompas.com, Kamis (6/6/2024).

Penetapan lokasi pemilihan sapi kurban diserahkan kepada Pemerintah Daerah Provinsi Sulawesi Tengah setelah dilakukan survei oleh tim dari pusat dan sekretariat presiden.

Arjuna juga telah mendapatkan surat keterangan kesehatan hewan setelah melalui serangkaian tes sampel darah dan feses di laboratorium.

“Kita usulkan ada 3 sapi ke kementerian. Dari 3 yang diusulkan diminta yang terberat, sapinya minimal 874 kilogram," ucap Rusli.

"Akhirnya kita dapat di Kabupaten Parigi Moutong di Desa Tinombala, Kecamatan Ongka Malino Kemarin kita dapat 874 kilogram."

Bantuan hewan kurban dari Presiden Jokowi ini diharapkan dapat membantu masyarakat Sulawesi Tengah dalam menyambut dan merayakan Idul Adha dengan khidmat dan penuh keberkahan.

Baca Juga: Simak, Berikut Cara Memilih Hewan Kurban Sesuai Syariat Islam



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x