Kompas TV nasional politik

Analis Politik Sebut Kaesang Pantas Maju Pilkada sebagai Calon Gubernur, Bukan Wakil

Kompas.tv - 30 Mei 2024, 20:42 WIB
analis-politik-sebut-kaesang-pantas-maju-pilkada-sebagai-calon-gubernur-bukan-wakil
Foto arsip. Pengamat politik, Adi Prayitno. (Sumber: Tangkapan layar Kompas TV)
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV – Analis politik Adi Prayitno berpendapat Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep pantasnya maju di pemilihan kepala daerah (pilkada) sebagai calon gubernur.

Pernyataan Adi tersebut disampaikan menanggapi wacana duet antara politikus Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) Budi Djiwandono dan Kaesang di Pilkada Jakarta 2024.

Menurut Adi, jika memang Kaesang akan maju di Pilkada Jakarta, seharusnya ia bukan hanya sebagai calon wakil gubernur.

“Andai Kaesang maju sebagai kontestan di pilgub, saya melihat dari jauh untuk Kaesang yang jadi ketua umum partai, anaknya presiden, tentu posisinya itu bukan lagi calon wakil gubernur,” ucapnya, Kamis (30/5/2024) dikutip dari laporan jurnalis KompasTV.

Baca Juga: Gerindra Bicara Soal Poster Budi Djiwandono-Kaesang for Jakarta: Bentuk Aspirasi Masyarakat

“Pantasnya bagi Kaesang jika ingin maju ya jadi calon gubernur. Ketua umum, anak presiden, populer, dan punya magnet politik,” ulangnya.

Ia menegaskan, jika kesempatan politik tersebut diambil oleh Kaesang dan maju di Pilkada Jakartam tentunya bukan sebagau calon wagub.

“Oleh karena itu kalau kesempatan politik ini diambil oleh Kaesang, maju dalam pilkada Jakarta, tentu bukan sebagai calon wakil gubernur, tetapi posisinya adalah calon gubernur.”

Sebelumnya, Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Habiburokhman, Kamis (30/5) menanggapi adanya poster bergambar Budi Djiwandono dan Kaesang.

“Saya pikir itu sebagai bentuk penyampaian adanya aspirasi masyarakat kepada kami,” kata Habiburokhman melalui pesan video, dikutip Antara.

Menurutnya, Partai Gerindra banyak menerima aspirasi dari warga Jakarta, khususnya Jakarta Timur, agar mengusung Budisatrio pada Pilkada Jakarta 2024.

“Memang benar banyak sekali aspirasi masyarakat Jakarta, terutama masyarakat dari Jakarta Timur, daerah pemilihan saya, yang ingin mencalonkan Mas Budi Djiwandono sebagai Gubernur Jakarta periode mendatang,” bebernya.

Baca Juga: Ini Penjelasan Gerindra soal Poster Budi Djiwandono-Kaesang di Pilkada Jakarta

Habiburakhman menyebut kemungkinan banyaknya aspirasi yang mendorong Budi Djiwandono karena yang bersangkutan muda, cerdas, dan rendah hati.

“Mungkin karena sosoknya yang muda kemudian cerdas, rendah hati, dan good looking. Ini yang saya tangkap dari beberapa pertemuan dengan berbagai macam warga Jakarta Timur dan dari berbagai latar belakang,” tambahnya.

Dalam kesempatan itu ia juga menyampaikan bahwa keputusan resmi Partai Gerindra terkait Pilkada Jakarta akan ditentukan oleh Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto.

Diketahui, melalui akun Instagram @sufmi_dasco, Ketua Harian DPP Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad mengunggah foto Budisatrio Djiwandono bersanding dengan Kaesang Pangarep dengan tulisan calon gubernur DKI Jakarta dan calon gubernur DKI Jakarta “For Jakarta 2024”, Rabu (29/5).

Dasco juga sempat mengunggah foto Budisatrio dengan pesohor Raffi Ahmad sebagaimana format foto pasangan calon peserta pilkada atau pemilu di Instagram pribadinya.


 



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x