Kompas TV nasional peristiwa

Jalur Kereta Antara Stasiun Gubug-Karangjati sudah Bisa Dilewati dengan Kecepatan Terbatas

Kompas.tv - 6 Februari 2024, 14:16 WIB
jalur-kereta-antara-stasiun-gubug-karangjati-sudah-bisa-dilewati-dengan-kecepatan-terbatas
KAI Daop 4 Semarang menyatakan, jalur kereta api antara Stasiun Gubug hingga Karangjati di Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah sudah bisa dilewati. Tepatnya jalur hilir dari arah Surabaya ke Semarang. (Sumber: KAI Daop 4 Semarang)
Penulis : Dina Karina | Editor : Deni Muliya

SEMARANG, KOMPAS.TV- Pihak KAI Daop 4 Semarang menyatakan, jalur kereta api antara Stasiun Gubug hingga Karangjati di Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah sudah bisa dilewati. Tepatnya jalur hilir dari arah Surabaya ke Semarang.

Jalur tersebut sempat tergenang banjir sejak Selasa (6/2/2024) pagi.

Para petugas kemudian melakukan pembersihan dan perbaikan jalur sehingga sejak Selasa siang kereta sudah bisa melintas dengan kecepatan terbatas. 

"Petugas yang didukung dengan alat berat dan material sudah berhasil memperbaiki jalur yang terendam banjir," kata Manajer Humas PT KAI Daop 4 Semarang, Franoto Wibowo dalam keterangan tertulisnya, Selasa (6/2). 

Baca Juga: Pemerintah Jamin Tak Ada Kenaikan Harga BBM dalam Waktu Dekat

Franoto mengungkap, kereta pertama yang melewati jalur tersebut adalah KA Sembrani relasi Surabaya-Jakarta, dengan kecepatan 5 km per jam.

Sementara itu, para petugas juga terus melakukan perbaikan di jalur hulu Semarang-Surabaya agar perjalanan KA dapat segera kembali normal.

Sebelumnya diketahui, tanggul Sungai Jragung di Kecamatan Karangawen, Kabupaten Grobogan jebol akibat tidak kuat menahan debit air yang meningkat menyusul curah hujan tinggi.

Banjir menggenangi jalur antara Stasiun Gubug hingga Karangjati di Kabupaten Grobogan, sehingga mengganggu perjalanan sejumlah kereta api lintas Semarang-Surabaya.

Baca Juga: Sandiaga Uno Harap Pemda Beri Insentif Fiskal untuk Pengusaha Hiburan Maksimal Pertengahan Februari

Menurut Franoto, titik yang tergenang banjir berada di KM 32+5/7 antara Gubug-Karangjati.

Setidaknya lima KA penumpang dibatalkan dan dialihkan rute perjalanannya akibat banjir tersebut.

Penumpang yang terdampak pembatalan perjalanan KA akan mendapatkan notifikasi melalui WhatsApp KAI121 di nomor 0811-1211-1121 (WhatsApp bisnis resmi dan terverifikasi dengan centang hijau).

"Kami memohon maaf kepada pelanggan KA atas ketidaknyamanan, akibat keterlambatan KA menuju maupun dari stasiun-stasiun wilayah Daop 4 Semarang," ujar Franoto.

Baca Juga: Segera Berlaku, Ini Besaran Tarif Tol Indralaya-Prabumulih yang Dikelola Hutama Karya

Bagi pelanggan/penumpang KA yang ingin membatalkan perjalanannya, dapat memproses di loket-loket stasiun online dan dana akan dikembalikan 100% di luar bea pesan.

Pembatalan dapat dilakukan 7 (tujuh) hari ke depan dari jadwal keberangkatan KA-nya.

KAI juga memberikan Service Recovery (SR) berupa minuman, makanan ringan, dan berat, kepada pelanggan KA yang mengalami kelambatan akibat banjir tersebut.

"Adapun update info selanjutnya, akan kami kabarkan lebih lanjut," ucapnya. 




Sumber :




BERITA LAINNYA



Kunjungan Paus ke Indonesia

FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x