Kompas TV nasional rumah pemilu

Belum Sempat Bertemu, Jokowi Ngaku Tidak Beri Wejangan kepada Gibran jelang Debat Cawapres

Kompas.tv - 22 Desember 2023, 16:07 WIB
belum-sempat-bertemu-jokowi-ngaku-tidak-beri-wejangan-kepada-gibran-jelang-debat-cawapres
Cawapres nomor urut 2, Gibran Rakabuming Raka, mengungkapkan sejumlah program yang akan dijalankannya jika terpilih dalam Pilpres 2024, saat berbicara di Indonesia Arena, Senayan, Jakarta, sebelum pendaftaran ke KPU, Rabu (25/10/2023). (Sumber: KOMPAS TV)
Penulis : Johannes Mangihot | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Cawapres nomor urut 2, Gibran Rakabuming Raka, akan mengikuti debat kedua khusus cawapres yang berlangsung di Jakarta Convention Center, Senayan, Jakarta, Jumat (22/12/2023) malam ini.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengaku tidak memberi nasihat khusus kepada Gibran yang juga putranya itu, menjelang debat cawapres malam ini.

Dia mengatakan dua minggu belakangan, dirinya sibuk dengan agenda kerja di luar negeri dan dalam negeri. 

Bahkan Jokowi mengaku usai melakukan kunjungan ke Ibu Kota Nusantara (IKN) pada Kamis (21/12/2023), ia belum bertemu Gibran.  

"Ketemu aja nggak pernah. Nggak, nggak (ada wejangan). Wejangan apa sih? Debat ya debat gitu saja," ujar Jokowi di St Regis, Jakarta, Jumat. 

Baca Juga: Sebut Gibran Paling Dinantikan dalam Debat, TKN: Cawapres Lain Sering Mengisi Selama 20 Tahun

Meski tidak memberikan masukan, Jokowi mengatakan akan menonton debat kedua yang akan berlangsung malam ini mulai pukul 19.00 WIB. Presiden pun berharap debat akan berlangsung dengan meriah.

"Nontonnya? Ya di rumah. Bisa di Jakarta, bisa di Bogor, bisa di Solo. Ya harapannya debatnya ramai," ujar Jokowi.

Debat cawapres perdana malam ini akan mengangkat isu ekonomi yang mencakup ekonomi kerakyatan dan ekonomi digital, keuangan, investasi, pajak, perdagangan, pengelolaan APBN-APBD, infrastruktur dan perkotaan.

Sama seperti debat capres pertama, debat cawapres akan dibagi menjadi enam segmen. Segmen pertama, pembukaan dan penyampaian visi-misi dan program kerja. 

Baca Juga: Grace Natalie Beberkan Persiapan Gibran Jelang Debat Cawapres

Pada segmen ini, Gibran mendapat giliran pertama untuk menyampaikan visi, misi serta program kerja. 

Segmen kedua dan ketiga merupakan pendalaman visi, misi dan program kerja. Nantinya tim panelis akan mengajukan pertanyaan untuk mendalami visi, misi dan program kerja kepada masing-masing cawapres.

Pada segmen keempat dan kelima, masing-masing cawapres akan mengajukan pertanyaan kepada rivalnya. 

Setiap cawapres mendapatkan waktu 1 menit untuk mengajukan pertanyaan kepada cawapres lain. Sedangkan cawapres yang merespons pertanyaan, akan diberi waktu 2 menit.

Segmen terakhir adalah penutup atau closing statement.

Debat cawapres malam ini akan dipandu dua moderator yakni Alfito Deannova dan Liviana Cherlisa, serta ada 11 panelis sebagai tim penyusun pertanyaan untuk para cawapres.


 




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



Kunjungan Paus ke Indonesia

FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x