Kompas TV nasional rumah pemilu

Buka Suara soal Debat Capres-Cawapres, Timnas AMIN Mengaku sebagai Pengusul Paslon Hadir Bersamaan

Kompas.tv - 4 Desember 2023, 07:33 WIB
buka-suara-soal-debat-capres-cawapres-timnas-amin-mengaku-sebagai-pengusul-paslon-hadir-bersamaan
Wakil Ketua Komisi IX DPR Nihayatul Wafiroh (Sumber: (DOK. Humas DPR RI) )
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV – Tim Nasional (Timnas) Pemenangan Calon Presiden-Wakil Presiden (Capres-Cawapres) RI nomor urut 1 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar mengaku mengusulkan agar pasangan calon hadir lengkap dalam debat.

Pernyataan terebut disampaikan oleh Nihayatul Wafiroh selaku Co-captain Timnas AMIN, melalui keterangan tertulis yang diterima redaksi Kompas.TV, Minggu (3/12/2023).

Menurut Hihayatul, dalam FGD tanggal 29 November 2023, Timnas Amin menyampaikan ide agar dalam setiap debat menghadirkan capres-cawapres.

“TIMNAS AMIN menyampaikan ide awal dalam diskusi FGD tersebut bahwa sebaiknya dalam setiap agenda debat, pasangan calon capres-cawapres untuk selalu dihadirkan dalam seluruh rangkaian debat. Namun Bukan menghilangkan debat cawapres,” bebernya.

Baca Juga: Timnas Amin Sebut Tim Prabowo-Gibran Usul Tidak Ada Debat, Hanya Pemaparan Visi-Misi

Uulan tersebut, lanjut dia, berdasarkan pemikiran bahwa kehadiran paslon secara lengkap tetap penting sekalipun hanya capres atau cawapres saja yang tengah berdebat.

“Artinya, jika agenda debat yang sedang berlangsung adalah antara cawapres maka capres bisa tetap dihadirkan meskipun sebagai audiens dan tidak untuk berdebat sama sekali.”


 

“Usulan kami untuk 'hadir berpasangan lengkap' bukan berarti 'hadir untuk berdebat', serta juga bukan berarti menghilangkan debat antara cawapres,” tambahnya menegaskan.

Dalam keterangan tersebut, ia juga menyebut pihaknya mencatat usulan dari tim pasangan capres-cawapres nomor urut 2, yang menginginkan debat hanya berupa pemaparan dan pendalaman visi misi.

Diketahui, pasangan capres-cawapres nomor urut 2 adalah Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

“Ini berarti format debat hanya melibatkan tanya-jawab antara paslon dengan moderator dan panelis, serta menghilangkan sanggahan antar paslon secara keseluruhan.”

Baca Juga: Anies Angkat Bicara Soal Isu Timsesnya Usulkan Debat Cawapres Didampingi Capres

“Menurut tim paslon 2, debat dengan model saling menanggapi antar paslon akan menghabiskan banyak waktu tanpa ada kesempatan menjelaskan visi dan misi masing-masing paslon,” tambahnya.

Timnas Amin, lanjut dia, dengan tegas menolak usulan tersebut, karena berpendapat jika usulan itu disetujui akan membatasi pengenalan pemilih terhadap kualitas utuh para paslon.

“Serta terkesan ingin memberikan kenyamanan berlebih pada paslon tertentu.  Penolakan serupa juga diutarakan oleh TIM PASLON NO.3.”




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x