Kompas TV nasional hukum

Hakim Saldi Isra Ungkap Proses Terpililhnya Suhartoyo jadi Ketua MK, Pengganti Anwar Usman

Kompas.tv - 9 November 2023, 20:00 WIB
hakim-saldi-isra-ungkap-proses-terpililhnya-suhartoyo-jadi-ketua-mk-pengganti-anwar-usman
Sembilan Hakim Mahkamah Konstitusi (MK) telah memilih Suhartoyo menjadi Ketua MK menggantikan Anwar Usman, melalui proses musyawarah, Kamis (9/11/2023). (Sumber: Kompas,com/Vitorio Mantaelan)
Penulis : Johannes Mangihot | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Sembilan hakim Mahkamah Konstitusi (MK) sepakat menjadikan Suhartoyo sebagai ketua MK, menggantikan Anwar Usman. 

Keputusan tersebut diambil dalam rapat permusyawaratan hakim (RPH) secara musyawarah mufakat yang digelar secara tertutup. RPH itu dipimpin oleh Wakil Ketua MK Saldi Isra.

Wakil Ketua MK Saldi Isra menjelaskan RPH dilakukan mulai pukul 09.00 WIB, Kamis (9/11/2023). Secara bergilir masing-masing hakim MK memberikan pandangannya terkait ketua MK pengganti Anwar Usman.

Hakim Arief Hidayat, misalnya, yang hampir terpilih jadi Ketua MK pada Maret 2023 lalu, memilih untuk mengambil peran lain. 

Hakim lain seperti Manahan Sitompul dan Wahiduddin Adams akan segera pensiun. Anwar Usman sendiri tidak bisa lagi mencalonkan dan dicalonkan sebagai pimpinan setelah terbukti melanggar etik berat.

Baca Juga: Jadi Hakim Konstitusi Sejak 2015, Ini Profil Ketua MK Suhartoyo!

Setelah itu sembilan hakim MK secara bergiliran menyebut nama siapa yang diinginkan menjadi ketua.

Hasilnya ada dua nama yang diinginkan menjadi ketua MK. Keduanya yakni Saldi Isra dan Suhartoyo Saldi dan Suhartoyo dianggap sudah cukup lama menjadi hakim konstitusi, yakni 6,5 dan 8 tahun.

"Karena yang lain tidak bersedia jadi ketua sehingga memunculkan dua nama. Nama yang muncul adalah secara Saldi Isra saya sendiri dan Suhartoyo. Itu dua nama yang muncul," ujar Saldi saat jumpa pers di gedung MK, Kamis (9/11/2023).

Saldi menjelaskan selanjutnya, dua hakim MK yang disebut diminta untuk berdiskusi berdua dan tujuh dari sembilan hakim MK meninggalkan ruangan untuk memberi kesempatan kedua calon ketua MK bermusyawarah dan bermufakat siapa yang akan menjabat ketua MK. 

"Dengan dorongan dan semangat memperbaiki MK setelah beberapa kejadian terkahir akhirnya, kami berdua sampai pada kesepakatan adalah yang menjadi ketua MK ke depan adalah Bapak Dr. Suhartoyo dan saya tetap menjalankan tugas sebagai wakil ketua," ujar Saldi. 

Baca Juga: [FULL] Keterangan Perdana Suhartoyo Usai Terpilih Sebagai Ketua MK Pengganti Anwar Usman

Lebih lanjut Saldi menjelaskan setelah disepakat tujuh hakim MK yang keluar ruangan kembali masuk dan melaporkan hasil musyawarah kedua calon ketua MK yakni ketua MK terpilih adalah Suhartoyo. 

"Tujuh hakim MK menerima hasil itu sebagai kesepakatan bersama, itu wujud musyawarah mufakat kami yang dilakukan di ruang RPH di lantai 16 pagi tadi, dan menyepakati ketua MK terpilih adalah yang mulia Bapak DR. Suhartoyo. Senin (13/11/2023) akan diambil sumpahnya di ruangan sidang MK," ujar Saldi. 


 

 



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x