Kompas TV nasional rumah pemilu

Mahfud MD Jadi Cawapres Ganjar, Ini Profil dan Sepak Terjangnya di Dunia Politik

Kompas.tv - 18 Oktober 2023, 10:39 WIB
mahfud-md-jadi-cawapres-ganjar-ini-profil-dan-sepak-terjangnya-di-dunia-politik
Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) resmi menjadi bakal cawapres Ganjar Pranowo. (Sumber: Kompas.tv/Ant/Melalusa Susthira K)
Penulis : Fiqih Rahmawati | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Ketua Umum PDI-P Megawati Soekarnoputri telah mengumumkan bakal calon wakil presiden (cawapres) pendamping Ganjar Pranowo, yakni Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD.

"Dengan mengucap Bismillah yang akan mendampingi Ganjar Pranowo adalah Professor Mahfud MD,” kata Megawati, Rabu, dikutip dari tayangan Breaking News KompasTV.

Menurut Mega, Mahfud MD adalah sosok intelektual yang mumpuni, penuh dengan pengalaman dan pengetahuan. "Pembela wong cilik," kata Mega.  

Baca Juga: Resmi! Mahfud MD Jadi Bakal Cawapres Ganjar Pranowo

Profil Mahfud MD

Pemilik nama asli Mohammad Mahfud Mahmodin ini merupakan seorang akademisi, hakim, dan politisi kelahiran Sampang, Madura, Jawa Timur pada 13 Mei 1957. 

Ia mengenyam pendidikan dasarnya di sekolah dasar negeri dan mengikuti pendidikan keagamaan di madrasah ibtidaiyah milik Pondok Pesantren Al-Mardhiyyah. Kemudian, ia pindah ke Pondok Pesantren Somber Lagah.

Setelah lulus, Mahfud melanjutkan studi jenjang sekolah menengah pertama di Pendidikan Guru Agama Negeri (PGAN) Pamekasan. Lalu lanjut ke Pendidikan Hakim Islam Negeri (setara dengan sekolah menengah atas) di Yogyakarta.

Ia kemudian berkuliah di dua perguruan tinggi sekaligus, yakni di Universitas Gadjah Mada (UGM) jurusan Sastra Arab dan di Universitas Islam Indonesia (UII) jurusan Hukum Tata Negara.

Setelah lulus pada 1983, Mahfud MD sempat menjadi dosen di UII sembari menempuh pendidikan S2 di UGM jurusan ilmu Politik. Ia meraih gelar magister pada 1989. Mahfud kemudian melanjutkan pendidikan S2 di UGM jurusan Ilmu Hukum Tata Negara dan lulus pada 1993.

Ia dinobatkan sebagai Guru Besar bidang Politik Hukum di UII pada tahun 2000, tepat di usianya yang ke-43.

Baca Juga: Soal Putusan MK Batas Usia Capres-Cawapres, Mahfud MD: Tak Usah Diramal-ramal, Nanti Salah Lagi

Sepak Terjang Mahfud MD



Sumber : Kompas TV, Kompas.com, Kompas.id



BERITA LAINNYA



Close Ads x