Kompas TV nasional peristiwa

Cerita Jokowi Jajal Kereta Cepat Jakarta-Bandung: Nyaman, meskipun Kecepatan Capai 350 Km/jam

Kompas.tv - 13 September 2023, 21:04 WIB
cerita-jokowi-jajal-kereta-cepat-jakarta-bandung-nyaman-meskipun-kecepatan-capai-350-km-jam
Presiden Joko Widodo atau Jokowi jajal Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB), Rabu (13/9/2023). (Sumber: BPMI Setpres/Muchlis Jr.)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Deni Muliya

JAKARTA, KOMPAS.TV - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan kunjungannya ke Provinsi Jawa Barat pada hari ini, Rabu (13/9/2023) terasa istimewa.

Hal ini dikarenakan Kepala Negara untuk pertama kalinya menggunakan moda transportasi Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) untuk ke Bandung.

Melalui akun Instagram resminya, Kepala Negara ini mengungkapkan kesan pertamanya menjajal kereta cepat pertama Indonesia itu.

Ia pun mengaku sangat nyaman menaiki kereta cepat tersebut, meski kereta melaju dengan kecepatan mencapai 350 kilometer per jam.

"Saat berangkat tadi, saya duduk di gerbong pertama kereta dengan nomor perjalanan G5901. Kereta berjalan dari Stasiun Halim dengan tujuan Stasiun Tegalluar," kata Jokowi dalam keterangan unggahannya, di akun @jokowi, Rabu.

"Kereta cepat ini benar-benar nyaman bahkan saat mencapai kecepatan maksimal 350 km/jam,"ujarnya.

Tak hanya itu, ia juga mengaku terkesan dengan jarak tempuh perjalanannya dari Jakarta ke Bandung yang hanya memakan waktu 30 menit.

"Hanya dalam waktu setengah jam, saya yang berangkat dari Stasiun KCJB Halim, Jakarta Timur, sudah sampai di Stasiun Padalarang, Bandung Barat," ujarnya.

Presiden Joko Widodo jajal Kereta Cepat Jakarta-Bandung, Rabu (13/9/2023). (Sumber: akun Instagram @jokowi.)

Baca Juga: Tarif Kereta Cepat Jakarta-Bandung Tak Disubsidi, Lebih Murah Mana dengan Argo Parahyangan?

Menurut penjelasannya, perjalanan ini sekaligus uji coba moda transportasi KCJB sebelum diresmikan pengoperasiannya.

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini berharap kehadiran KCJB dapat meningkatkan minat masyarakat untuk berpindah dari penggunaan mobil pribadi ke transportasi umum.

"Ini penting untuk mengurangi kemacetan hingga polusi udara di Jakarta, Bandung, dan sekitarnya," ucap Jokowi menegaskan.

Turut mendampingi Presiden dalam menjajal kereta cepat Jakarta-Bandung di antaranya Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Sekretaris Kabinet Pramono Anung.

Kemudian Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional Hadi Tjahjanto, Menteri BUMN Erick Thohir, dan Pj. Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin.

Tampak pula sejumlah artis dan pemengaruh (influencer) Tanah Air yang ikut serta melakukan uji coba Kereta Cepat Jakarta-Bandung.

Sebelumnya, PT Kereta Cepat Indonesia-China dan Kementerian Perhubungan menyebut KA cepat akan beroperasi resmi mulai 1 Oktober 2023.

"Tetap sesuai jadwal. Sedang kami uji coba terus. Keamanan penting," kata Sekretaris Jenderal Kementerian Perhubungan, Novie Riyanto saat menjawab pertanyaan wartawan usai mengikuti Rapat Kerja bersama Komisi V DPR RI di Jakarta, Selasa (12/9), dikutip dari Antara.

Novie mengatakan, uji coba dilakukan untuk aspek keselamatan baik dalam hal sarana maupun prasarana.

Hal itu, lanjut Novie merupakan aspek yang sangat penting untuk diperhatikan dan tidak dapat ditawar lagi.

Kementerian Perhubungan memastikan proses sertifikasi atau izin operasional sebelum mengangkut penumpang berjalan dengan baik.

Baca Juga: Presiden Jokowi Jajal Kereta Cepat Jakarta-Bandung, Ajak Menteri Hingga Vanesha Prescilla




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x