Kompas TV nasional peristiwa

Kronologi Pencabutan Lisensi Miss Universe Indonesia 2023, Bikin Heboh Usai Dugaan Pelecehan Seksual

Kompas.tv - 14 Agustus 2023, 17:00 WIB
kronologi-pencabutan-lisensi-miss-universe-indonesia-2023-bikin-heboh-usai-dugaan-pelecehan-seksual
Pemilik PT Capella Swastika Karya, Poppy Capella (tengah) bersama pemenang Miss Universe Indonesia 2023 (Sumber: Instagram)
Penulis : Switzy Sabandar | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV- Laporan dugaan pelecehan seksual yang menimpa peserta Miss Universe Indonesia 2023 berujung pada pencabutan lisensi ajang ini dari PT Capella Swastika Karya. Miss Universe Organization (MUO) pun mencabut lisensi untuk Indonesia. 

Berikut rangkaian kronologi kejadian dugaan pelecehan seksual yang berujung pada pencabutan lisensi Miss Universe Indonesia 2023.

Berawal dari Curahan Hati Para Peserta

Regional Director Bali Sally Giovanny menjadi orang pertama yang mendapat laporan dari salah satu peserta Miss Universe Indonesia 2023. Salah satu anak didiknya melaporkan tentang kejadian 'body checking' dua hari sebelum malam grand final digelar.

Baca Juga: Skandal Pelecehan Seksual Miss Universe Indonesia Disorot Media Internasional

Sally Giovanny langsung menghubungi Rio Motret dan Eldwen Wan. Eldwen Wan merupakan CEO Miss Universe Indonesia yang kontraknya telah berakhir di hari 'body checking' itu terjadi.

Menurut pengakuan salah satu peserta, mereka dipaksa membuka busana saat proses body checking meskipun di dalam ruangan itu ada laki-laki. Mereka juga difoto dengan menggunakan kamera handphone, serta diminta untuk berpose.

Lapor Polisi

Sally Giovanny sempat menunggu adanya permintaan maaf dari pihak pusat yang ternyata tak kunjung terjadi. Ia akhirnya memutuskan melaporkan hal itu bersama kontestan lain. 

Sally bersama beberapa kontestan baik dari regional Bali dan Jawa Barat melaporkan kejadian itu ke pihak kepolisian Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya. Setidaknya, ada lebih dari 10 orang yang mengalami kejadian tersebut.


Komentar Poppy Capella

Poppy Capella sebagai Direktur Nasional Miss Universe Indonesia memberikan bantahan terhadap pemberitaan dugaan pelecehan seksual. Poppy juga mengancam akan melaporkan balik pihak-pihak yang telah menuduhnya ikut serta dalam dugaan pelecehan seksual yang ada di Miss Universe Indonesia tersebut.

Menjadi Berita Hangat di Luar Negeri

Kabar dugaan pelecehan kontestan Miss Universe Indonesia 2023 itu tak hanya heboh di dalam negeri. Namun juga menjadi headline di sejumlah media asing. 

Baca Juga: Deretan Tanggapan Kuasa Hukum hingga Polisi Terkait Dugaan Kekerasan Seksual di Miss Universe

Mereka menyoroti terjadinya 'body checking' selama proses digelarnya Miss Universe Indonesia.

Lisensi Miss Universe Indonesia 2023 Dicabut

Organisasi Miss Universe Global menyoroti dugaan pelecehan seksual yang terjadi pada finalis kontes kecantikan Miss Universe Indonesia. Dalam pernyataannya, pihak Miss Universe Global membatalkan lisensi Miss Universe Indonesia yang dipegang Poppy Capella lewat perusahaannya PT Capella Swastika Karya. 

"PT Capella Swastika Karya juga tidak akan memegang lisensi Miss Universe Malaysia 2023 dan tidak akan diperpanjang kontrak tambahan dari organisasi kami," tulis organisasi Miss Universe di akun Twitter mereka.




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x