Kompas TV nasional peristiwa

Apa itu El Nino yang Sebabkan Indonesia Alami Musim Kering Lebih Panas?

Kompas.tv - 7 Agustus 2023, 21:00 WIB
apa-itu-el-nino-yang-sebabkan-indonesia-alami-musim-kering-lebih-panas
Ilustrasi kekeringan akibat El Nino. Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebut Indonesia kini tengah terkena dampak fenomena El Nino. (Sumber: Kompas.tv/Ant)
Penulis : Switzy Sabandar | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV- Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebut Indonesia kini tengah terkena dampak fenomena El Nino.

Fenomena El Nino menyebabkan berbagai wilayah di Indonesia mengalami musim kemarau lebih kering dibandingkan 3 tahun sebelumnya.

Rupanya tidak hanya Indonesia, fenomena El Nino juga membuat sejumlah negara di dunia menghadapi cuaca ekstrem.

Bahkan China hingga Amerika Serikat (AS) tengah menghadapi gelombang panas.

Lalu, apa itu fenomena El Nino?

El Nino merupakan istilah yang berasal dari bahasa Spanyol yang berarti 'anak laki-laki'. Fenomena yang muncul selama berabad-abad lalu ini diberi nama oleh para nelayan Peru sebagai El Nino de Navidad. 

Baca Juga: Sejumlah Daerah Sulit Dapat Air Bersih Akibat Dampak El Nino di Indonesia

Adapun El Nino adalah fenomena pemanasan Suhu Muka Laut (SML) yang berdampak pada iklim dan cuaca di Indonesia.

Menurut situs BMKG, menghangatnya perairan di wilayah Amerika Selatan ini ternyata menyebabkan pemanasan lautan yang lebih luas di Samudra Pasifik bagian timur. 

Bahkan, fenomena ini dapat mencapai garis batas internasional di Pasifik tengah. Di Indonesia, dampak fenomena El Nino menyebabkan daerah pertumbuhan awan bergeser dari wilayah Indonesia ke wilayah Samudra Pasifik bagian tengah. 

Akibat kondisi tersebut menyebabkan berkurangnya curah hujan di Indonesia. Fenomena ini akan berlangsung hingga Oktober mendatang. 


Bahkan BMKG menghimbau masyarakat untuk lebih waspada akan dampak El Nino pada Juli hingga September yang diperkirakan menjadi puncak musim kemarau.

Wilayah-wilayah yang akan mengalami kondisi cuaca tersebut antara lain Sumatera bagian tengah hingga selatan, Pulau Jawa, Bali hingga Nusa Tenggara, Kalimantan bagian selatan, sebagian besar Sulawesi, sebagian Maluku dan Papua bagian selatan.

Baca Juga: BMKG: 63 Persen Bagian Indonesia Sudah Terdampak El Nino, Cek Cuaca Hari Ini Selasa 1 Agustus 2023

Selain berkurangnya curah hujan, El Nino juga dapat memicu berbagai bencana alam lainnya seperti kebakaran hutan dan gagal panen.

Sebab ditahun-tahun sebelumnya, dampak El Nino pernah menyebabkan Indonesia mengalami kebakaran hutan sebagai akibat dari kekeringan panjang. 

Fenomena El Nino juga berdampak sampai ke pertanian. Fenomena El Nino menyebabkan ketersediaan air akan menjadi lebih sedikit, sehingga mengakibatkan tanaman untuk pertanian menjadi rusak karena kekurangan air.



Sumber : Kompas TV, BMKG, Kompas.com



BERITA LAINNYA



Close Ads x