Kompas TV nasional hukum

Kementerian ATR/BPN Panggil Sudarman Harjasaputra untuk Dimintai Klarifikasi soal Kekayaannya

Kompas.tv - 10 Maret 2023, 20:32 WIB
kementerian-atr-bpn-panggil-sudarman-harjasaputra-untuk-dimintai-klarifikasi-soal-kekayaannya
Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Hadi Tjahjanto. Kementerian ATR/BPN akan memanggil Kepala Kantor BPN Jaktim Sudarman Harjasaputra yang menjadi sorotan publik karena gaya hidup mewahnya. (Sumber: Kompas.tv/Ant)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kepala Kantor Badan Pertanahan (BPN) Jakarta Timur (Jaktim) Sudarman Harjasaputra baru-baru ini disorot publik karena istrinya kerap memamerkan gaya hidup mewah di media sosial.

Terkait hal ini, Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) bakal memanggil pejabat yang bersangkutan untuk dimintai klarifikasi terkait harta kekayaannya.

Kepala Biro Hubungan Masyarakat (Humas) Kementerian ATR/BPN Yulia Jaya Nirmawati menerangkan, Menteri ATR/Kepala BPN Hadi Tjahjanto telah mengetahui berita yang berkembang dan langsung menindaklanjuti.

"Bapak Menteri ATR/Kepala BPN sudah memberi arahan internal agar Inspektur Jenderal dan Kepala Kantor Wilayah BPN Provinsi DKI Jakarta memanggil yang bersangkutan untuk selanjutnya dimintai klarifikasi," kata Yuli dalam keterangan pers, Jumat (10/3/2023), dikutip dari Kompas.com.

Yulia mengatakan Hadi juga mempersilakan lembaga berwenang untuk menguji kepatutan dan kewajaran harta kekayaan Sudarman.

"Kami mendukung dan siap berkoordinasi dengan pihak berwenang terkait," katanya.

Dia pun menegaskan Menteri ATR/Kepala BPN bakal menindak tegas jika terbukti ada ketidakwajaran atau penyimpangan. 

Peringatan ini pun, kata Yulia, telah disampaikan Hadi dalam pembukaan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Tahun 2023 yang berlangsung pada Selasa (7/3/2023) lalu.

Hadi menekankan kepada jajaran Kementerian ATR/BPN agar tidak bergaya hidup mewah dan/atau bersikap berlebihan.

Baca Juga: Gaya Hidup Mewah Kepala BPN Jaktim Sudarman Harjasaputra Disorot, KPK: Kita Cek

Selain itu, Menteri ATR/Kepala BPN juga mengimbau untuk memperhatikan prinsip-prinsip kepatutan dan kepantasan sebagai rasa empati kepada masyarakat.

"Dalam pembukaan Rakernas tanggal 7 Maret, Bapak Menteri sudah menegaskan arahan Bapak Presiden bahwa tindakan pamer kekuasaan dan kekayaan adalah tindakan yang tidak pantas dilakukan. Semoga hal ini benar-benar diperhatikan," ujar Yulia.

Diberitakan sebelumnya, Kepala Kantor BPN Jaktim Sudarman Harjasaputra yang menjadi sorotan publik, tak lepas dari gaya hidup mewah yang diperlihatkan istrinya yang berinisial VP, di media sosial.

Menurut informasi yang beredar, VP disebut kerap mengunggah foto yang memperlihatkannya sedang berada di berbagai negara, dan menggunakan pesawat kelas bisnis, di media sosial.

Terkait hal ini, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pung langsung bergerak untuk mengecek informasi terkait gaya hidup keluarga Sudarman Harjasaputra.

“Saya cek sekarang,” kata Deputi Pencegahan dan Monitoring KPK Pahala Nainggolan, Jumat (10/3/2023), dikutip Kompas.com.

Sementara itu, berdasarkan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN), Sudarman memiliki kekayaan Rp14,7 miliar. Harta itu dia laporkan pada Desember 2021. 

Baca Juga: Buntut Kekayaan Para Pejabat Pajak, Partai Buruh Tuntut Mundur Dirjen hingga Tim Pencari Fakta


 



Sumber : Kompas TV/Kompas.com



BERITA LAINNYA



Close Ads x