Kompas TV nasional peristiwa

Uji Dinamis Kereta Cepat 16 November 2022: Tujuan, Lokasi, Jarak & Kecepatan

Kompas.tv - 14 November 2022, 15:08 WIB
uji-dinamis-kereta-cepat-16-november-2022-tujuan-lokasi-jarak-kecepatan
Indonesia bersiap memamerkan Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) kepada delegasi G20, khsusnya Presiden China Xi Jinping. PT Kereta Cepat China Indonesia (KCIC) sudah melakukan uji coba beroperasi di atas rel pada Rabu (9/11/2022) lalu. Uji dinamis akan berlangsung pada Rabu (16/11/2022).  (Sumber: Kompas.tv/Ant)
Penulis : Rofi Ali Majid | Editor : Purwanto

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kereta Cepat Jakarta Bandung akan segera diuji dinamis pada Rabu (16/11/2022) mendatang. Uji dinamis itu masuk dalam rangkaian G20 Showcase

Menyitat keterangan di laman resmi PT KCIC, proses uji dinamis bakal disaksikan oleh Presiden Jokowi dan Presiden China Xi Jinping via telekonferensi.

Apa itu uji dinamis kereta cepat?

Dijelaskan via laman Instagram @keretacepat_id, uji dinamis merupakan serangkaian pengujian untuk memastikan fungsi sistem terkait operasional kereta.

Uji dinamis bertujuan agar rangkaian kereta bisa terakselerasi dengan baik, sebelum secara resmi beroperasi melayani masyarakat.

Beberapa hal yang dipastikan fungsinya meliputi sistem listrik, instrumen, keselamatan, sistem back up, interior, fasilitas penumpang, toilet, dan dapur, serta pendingin ruangan.

Tak lupa, akselerasi juga diuji guna memastikan kesesuaian dengan spesifikasi, termasuk bisa "melakukan percepatan dan perlambatan (direm dari sekian km/jam sampai berhenti dalam sekian detik) pada rangkaian kereta.

Lokasi, jarak dan kecepatan saat uji dinamis

Menurut keterangan di laman resmi PT KCIC, uji dinamis Kereta Cepat Jakarta Bandung pada Rabu mendatang akan berlangsung dari Stasiun Tegalluar menuju Casting Yard 4 di Kopo, Kota Bandung.

Kereta akan menempuh jarak 15 km dan melaju dengan kecepatan terbatas hingga maksimal 80 km per jam.

Baca Juga: Rekor 10 Kereta Cepat Paling Kencang di Dunia, Cina Tak Kalah Jauh dari Jepang

Sebelum uji coba dinamis pada Rabu nanti, Kereta Cepat Jakarta Bandung telah meluncur perdana di atas rel seminggu lalu, Rabu (9/11). Hal itu dijelaskan oleh GM Corporate Secretary PT KCIC, Rahadian Ratry.

“Alhamdulillah persiapan uji dinamis kereta inspeksi yang dilakukan hari ini berjalan dengan baik. Persiapan uji dinamis ini akan terus kami lakukan agar semuanya berjalan lancar saat G20 Showcase,” ujar Rahadian.

Baca Juga: Kenali Fasilitas Kereta Cepat Jelang Uji Dinamis Pekan Depan, Ini Beda Kereta Merah dan Kuning


 




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x