Kompas TV nasional politik

Sejumlah Pensiunan Jenderal Bergabung Jadi Kader PDIP, Hasto Sebut akan Diberi Tugas Khusus

Kompas.tv - 30 Oktober 2022, 12:37 WIB
sejumlah-pensiunan-jenderal-bergabung-jadi-kader-pdip-hasto-sebut-akan-diberi-tugas-khusus
Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) mengadakan pembekalan ke kader kader baru diantaranya sejumlah purwirawan jenderal TNI-Polri di Lenteng Agung, Jakarta, Minggu (30/10/2022). (Sumber: Tangkapan layar Kompas TV/gading)
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Gading Persada

KOMPAS.TV – Sejumlah purnawirawan jenderal TNI dan Polri bergabung menjadi kader Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) dan mengikuti pelatihan kader di Sekolah Partai di Lenteng Agung, Minggu (30/11/2022).

Sederet nama pensiunan Jenderal TNI Polri yang mengikuti pembekalan kader hari ini, di antaranya Letjen TNI (Purn) Ganip Warsito, Laksamana Madya TNI (Purn) Agus Setiaji, dan Mayjen TNI (Purn) Gunawan Paki.

Legenda tenis Indonesia, Yayuk Basuki juga bergabung menjadi kader baru PDI Perjuangan.

Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDIP, Hasto Kristiyanto, menyebut, para kader baru ini nantinya akan mendapatkan penugasan khusus dari partai.

“Semua mereka yang bergabung kemudian akan dilatih oleh partai, dan mendapatkan penugasan-penugasan khusus di lapangan,” jelas Hasto, dikutip dari program Kompas Siang di Kompas TV.

Salah satu tugas khusus yang akan diberikan adalah dalam rangka pesrsiapan hari ulang tahun (HUT) ke-50 PDIP.

Baca Juga: Sekjen PDIP: Tak Ada Lagi Bahas Capres dan Dukungan, Sekarang Konsentrasi Tunggal Cetak Prestasi

“Karena skala prioritas saat ini adalah menyiapkan HUT PDI Perjuangan ke-50, maka di antara mereka yang bergabung ada yang  mendapatkan penugasan khusus,” lanjut Hasto.

“Khususnya dari purnawirawan TNI Polri untuk menggembleng kader partai untuk disiplin.”

Hasto juga menjelaskan, pembekalan yang diberikan pada kader baru tersebut mencakup aspek ideologi partai hingga komunikasi politik.


 

“Pembekalannya mencakup aspek ideologi partai, sejarah patai, tata kelola partai, AD/ARTpartai, dan juga komunikasi politik.”

“Karena fungsi dasar daripartai politik adalah rekruitmen, pendidikan politik, kaderisasi, kemudian fungsi komunikasi politik, dan bagaimana memperjuangkan aspirasi rakyat menjadi kebijakan publik,” tuturnya.

Pelatihan kader baru PDIP dihadiri sejumlah petinggi PDIP,di antaranya Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto, dan Ketua DPP Bidang Kehormatan, Komaruddin Watubun.

Baca Juga: Belum Deklarasi Capres, Politikus PDIP: Tak Ada Hubungannya dengan Elektabilitas Puan

Sementara, berdasarkan pantauan jurnalis Kompas TV, Putri Oktaviani, di lokasi kegiatan, pelatihan ini akan dilakukan secara berkelanjutan atau kontinyu.

“Tadi disebutkan oleh Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto, ada sekitar 198 ribu kader baru. Karena jumlahnya cukup banyak maka pelatihan ini akan dilaksanakan secara kontinyu," tandas Putri Oktaviani.




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



Kunjungan Paus ke Indonesia

FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x