Kompas TV nasional kesehatan

Jangan Sampai Kalap! Ini 5 Tips Makan Sehat saat Lebaran Menurut Para Ahli

Kompas.tv - 2 Mei 2022, 15:19 WIB
jangan-sampai-kalap-ini-5-tips-makan-sehat-saat-lebaran-menurut-para-ahli
Salah satu hidangan Lebaran, rendang daging sapi. (Sumber: Kompas)
Penulis : Nurul Fitriana | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV — Saat Lebaran, biasanya tersedia beraneka makanan di rumah. Mulai dari rendang, opor ayam, sambal kentang, hingga kudapan bersantan lainnya.

Belum lagi aneka cemilan yang ada di meja tamu yang memiliki kalori tinggi. Bagi masyarakat yang telah berpuasa satu bulan dengan menjaga pola makan sehat, hal itu justru menjadi godaan dan tantangan berat.

Tak hanya itu, makanan saat Lebaran bahkan bisa menjadi godaan tersendiri bagi penderita hipertensi, diabetes, dan orang yang sedang berusaha menurunkan berat badan.

Nah, agar Lebaran tetap aman dan tidak menaikkan bobot tubuh, tekanan darah dan gula darah, kita harus cermat sebelum melahap makanan yang ada di depan kita. Salah satunya dengan tidak makan berlebihan.

Baca Juga: Jokowi dan Prabowo Bertemu di Hari Lebaran, Ini yang Dibahas

Melansir Kompas.com, berikut 5 tips makan sehat menurut para ahli agar tetap bisa makan enak saat Lebaran:

1. Berpikir positif terhadap makanan

Seringkali kita memandang makanan tertentu secara negatif karena dianggap tidak menyehatkan.

Namun, menurut ahli gizi, Lisa Young, Ph.D, RDN, lebih baik kita menemukan cara positif untuk “mendekati” makanan yang membuat kita merasa sehat.

"Pikirkan tentang apa yang dapat Anda tambahkan ke rencana makan sebagai lawan dari apa yang harus Anda ambil," katanya.

"Misalnya, dengan bersikap positif, dan berfokus pada penambahan produk yang lebih sehat, Anda mungkin tidak lagi menginginkan junk food lagi."

2. Terapkan prinsip 80/20

Ahli diet bersertifikat, Amy Goodson, MS, RD, CSSD, LD, merekomendasikan supaya kita menerapkan prinsip 80/20 saat makan.

Artinya, kita diminta untuk mengonsumsi makanan yang kaya nutrisi sebanyak 80 persen selama Lebaran.

Sementara, untuk 20 persen sisanya, bisa digunakan untuk memakan “hidangan tahunan” yang biasa disantap ketika momen-momen penting, seperti Idulfitri.

“Aturan 80/20 dapat membantu menjaga keseimbangan dalam rutinitas liburan sambil tetap menikmati apa yang Anda sukai,” ujar Goodson.

Makanan kaya nutrisi yang bisa kita santap, antara lain karbohidrat berserat tinggi, protein tanpa lemak, lemak sehat, produk susu, buah, dan sayuran.

Selain itu, lanjut Goodson, prinsip 80/20 juga sebaiknya dibarengi dengan olahraga supaya tubuh tetap bugar.



Sumber : Kompas TV/Kompas.com



BERITA LAINNYA



Close Ads x