Kompas TV nasional politik

Tak Gentar dengan Isu Penundaan, KPU Tetap Siapkan Pemilu 2021, Ini yang Sudah Dilakukan

Kompas.tv - 8 April 2022, 06:30 WIB
tak-gentar-dengan-isu-penundaan-kpu-tetap-siapkan-pemilu-2021-ini-yang-sudah-dilakukan
Ilustrasi pemilu. Komisi Pemilihan Umum (KPU) tetap mempersiapkan Pemilu 2024 meski isu penundaan bergulir di kalangan masyarakat maupun politisi. (Sumber: KOMPAS/MAHDI MUHAMMAD )
Penulis : Fiqih Rahmawati | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Komisi Pemilihan Umum (KPU) tetap mempersiapkan Pemilu 2024 meski isu penundaan pemilu bergulir di kalangan masyarakat maupun politikus.

Komisioner KPU RI Arief Budiman menolak berkomentar soal isu penundaan Pemilu 2024 karena tugas KPU adalah mempersiapkan penyelenggaraan Pemilu 2024. 

Arief membeberkan sejumlah tahapan yang sudah dikerjakan dalam monitoring persiapan pembahasan Rencana Anggaran Biaya (RAB) Pemilu 2021.

Baca Juga: Pernah Bicarakan Penundaan, Apa Sikap Luhut Setelah Jokowi Sentil Menteri Terkait Pemilu?

“Tahapan yang sudah kami kerjakan, di antaranya mempersiapkan regulasi, menyusun anggaran, dan mempersiapkan personel,” kata Arief di Aula KPU Kudus, Jawa Tengah, Kamis (7/4/2022), dikutip dari Antara.

Pada tahapan persiapan regulasi, KPU sudah memutuskan untuk melaksanakan pemungutan suara pada 14 Februari 2024 mendatang. 

Namun, jadwal dan program lebih detailnya belum ditetapkan karena dibuat dalam peraturan KPU.

Sedangkan pembuatan peraturan KPU tersebut harus dilakukan melalui rapat konsultasi bersama pemerintah dan DPR. Pihak KPU sendiri sudah mengajukan surat tapi belum dijadwalkan.

Soal penyusunan anggaran, KPU sudah mengajukannya sejak tahun lalu. 

Adapun terkait persiapan personel, anggota KPU dan Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) yang baru akan segera dilantik.

Baca Juga: Kemendagri Pastikan Tahapan Pemilu 2024 Bakal Dimulai 14 Juni 2022

Dengan demikian, persiapan dari pihak KPU sudah dilakukan dan menunggu tahapan di pihak yang lain.

"Misalnya anggaran ada di Pemerintah, karena KPU bukan pemegang uang hanya merancang dan mengusulkan, maka Pemerintah harus segera membahas dan menyediakan bersama DPR sesuai jadwal yang direncanakan semula," jelas Arief.

KPU juga meminta pemerintah dan DPR untuk segera menyiapkan jadwal dan rapat untuk membahas regulasi terkait Pemilu 2024.

 




Sumber : Antara




BERITA LAINNYA



Kunjungan Paus ke Indonesia

FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x