Kompas TV nasional update corona

Jubir Satgas Covid-19: Penambahan Kasus Saat Ini 2,5 Kali Lebih Capat Dibanding Gelombang Kedua

Kompas.tv - 8 Februari 2022, 19:31 WIB
jubir-satgas-covid-19-penambahan-kasus-saat-ini-2-5-kali-lebih-capat-dibanding-gelombang-kedua
Koordinator Tim Pakar dan Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19, Prof. Wiku Adisasmito memberikan keterangan terkait perkembangan kasus Covid-19 di Indonesia, Selasa (8/2/2022). (Sumber: YouTube BNPB Indonesia)
Penulis : Johannes Mangihot | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kasus positif Covid-19 di Indonesia konsisten mengalami kenaikan.

Daerah yang menjadi konstentrasi kenaikan kasus positif Covid-19 yakni Jawa dan Bali.

Juru Bicara Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito menjelaskan penambahan kasus positif Covid-19 saat ini sudah jauh melebihi puncak gelombang pertama pandemi tahun 2020.

Pada puncak pertama penambahan kasus positif yakni 88.000 kasus. Sementara di minggu pertama Februari 2022, penambahan kasus positif mencapai lebih dari 170 ribu kasus.

Baca Juga: Jangan Termakan Hoaks! Ini Mitos & Fakta tentang Covid-19 Varian Omicron

"Ini hampir dua kali lipat puncak lonjakan gelombang pertama," ujar Wiku saat jumpa pers melalui kanal YouTube BNPB, Selasa (8/2/2022).

Wiku menambahkan jika dibandingkan gelombang kedua pandemi yang terjadi di awal Mei 2021, penambahan kasus saat ini setara dengan lonjakan ksaus pada akhir Juni 2021, atau setengah dari puncak lonjakan kasus kedua.

Menurut Wiku, pada masa lonjakan kasus gelombang kedua, peningkatan terjadi sejak awal Mei atau delapan minggu untuk mencapai kasus yang setara saat ini.

"Sementara penambahan kasus saat ini hanya mencapai waktu 3 minggu saja atau 2,5 kali lebih capat dibanding lonjakan pada gelombang kedua," ujar Wiku.

Baca Juga: Peneliti China Klaim Temukan Alat Tes Covid-19 Seakurat PCR, dan Hasilnya Keluar dalam Empat Menit

Lebih lanjut Wiku menjelaskan lebih dari 90 persen penambahan kasus nasional disumbang dari provinsi yang berada di pulau Jawa dan Bali.

Dengan peringkat pertama DKI Jakarta. Kemudian Jawa Barat, selanjutnya secara berurutan Banten, Bali, Jawa Timur, Jawa Tengah dan DI Yogyakarta.

Data Satgas Covid-19 menjelaskan kenaikan kasus harian di beberapa provinsi tersebut ternyata sudah melampaui kasus harian pada puncak gelombang kedua pandemi Covid-19 di Indonesia. 




Sumber : Kanal YouTube BNPB




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x