Kompas TV nasional berita utama

Tahap Pertama Selesai, Kampung Akuarium Dilengkapi Berbagai Fasilitas

Kompas.tv - 18 Agustus 2021, 05:25 WIB
tahap-pertama-selesai-kampung-akuarium-dilengkapi-berbagai-fasilitas
Kampung Susun Akuarium yang kini akan ditempati dan dikelola warga korban penggusuran. (Sumber: TribunJakarta/Gerald Leonardo Agustino)
Penulis : Aryo Sumbogo | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta telah merampungkan tahap pertama pembangunan Kampung Akuarium.

Dari total lima blok yang direncanakan, dua di antaranya sudah selesai didirikan pada tahap pertama pembangunan, yakni blok B dan D.

Dengan begitu, kini 107 unit tempat tinggal yang ada di kedua blok terebut siap untuk dihuni oleh warga gusuran Kampung Akuarium, Jakarta Utara.

Selain unit siap huni, pada tahap pertama pembangunannya, Kampung Akuarium juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas pendukung.

Baca Juga: Pemprov DKI Pastikan Pembangunan 241 Unit Hunian di Kampung Akuarium Tidak Melenceng dari Target

Seperti satu unit khusus kaum disabilitas, tiga kios usaha, hingga satu ruang galeri untuk memamerkan cagar budaya yang ditemukan di kawasan Kampung Akuarium.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Perumahan DKI Jakarta, Sarjoko mengatakan, sejumlah fasilitas hadir guna mendukung penciptaan tempat tinggal yang layak bagi masyarakat. 

"Dalam peningkatan kualitas hidup masyarakat, pembangunan kampung susun yang strategis ini bertujuan memfasilitasi dan memenuhi kebutuhan tempat tinggal yg aman dan terjangkau," kata Sarjoko, Selasa, (17/8/2021)

Sarjoko menambahkan, setiap bangunan yang ada di Kampung Akuarium saat ini pun sudah mengantongi izin serta memiliki sertifikat layak fungsi.

Baca Juga: Dulu Digusur Ahok, Kini Warga Kelola Mandiri Kampung Akuarium Usai Diresmikan Anies

Selanjutnya, pengelolaan Kampung Akuarium beserta fasilitas-fasilitas di dalamnya akan diserahkan kepada Koperasi Akuarium Bangkit Mandiri.

Ketua Koperasi Akuarium Bangkit Mandiri sekaligus perwakilan warga, Dharma Diani pun mengaku bersyukur karena imipian rekan-rekannya untuk memiliki hunian layak dan terjangkau akhirnya terwujud.

"Terimakasih atas niat baik Bapak (Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan) kepada kami, insyaallah kami akan saling berbagi di Kampung Akuarium ini," ujar Dharma.

Seperti yang diketahui, Anies Baswedan merupakan sosok yang mencanangkan pembangunan Kampung Akuarium, setelah sebelumnya sempat digusur karena dianggap ilegal.

Sejak awal mencalonkan diri menjadi Gubernur DKI Jakarta, Anies telah mengangkat Kampung Akuarium sebagai janji kampanye.

Hingga akhirnya, pada waktu yang bertepatan dengan HUT ke-76 RI, Anies berhasil memenuhi janjinya lewat peresmian Kampung Akuarium.

"Hari ini jadi babak baru baik itu di Pemprov DKI, bahwa selesaikan masalah masyarakat terkait pemukiman bisa dilakukan dengan bicara bersama," kata Anie saat meresmikan Kampung Akuarium.




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x