Kompas TV lifestyle kesehatan

Apa Itu Jam Koma? Ini Cara Mengatasinya

Kompas.tv - 25 Oktober 2024, 04:10 WIB
apa-itu-jam-koma-ini-cara-mengatasinya
Ilustrasi jam koma. (Sumber: Shutterstock)
Penulis : Switzy Sabandar | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Istilah jam koma tengah populer digunakan di media sosial, terutama X dan TikTok. Istilah ini viral setelah banyak warganet mengunggah momen di mana seseorang tampak tidak fokus di tempat umum.

"Jam koma adalah jam-jam di mana kalian merasa sangat kelelahan. Otak kalian sangat sulit berkonsentrasi, sehingga kalian melakukan hal-hal yang tidak sadar kalian lakukan gitu," tulis pemilik akun @thyn***

Lalu apa itu sebenarnya jam koma? Jam koma bukanlah istilah medis, istilah ini digunakan untuk menggambarkan kondisi di mana seseorang merasakan kelelahan ekstrem dan kehilangan fokus.

Baca Juga: Wisatawan Meninggal di Puncak Bukan Karena Kelelahan, Polisi Sebut Korban Alami Sakit

Fenomena ini sering dianggap sebagai efek dari pola hidup yang tidak seimbang. Tidak hanya itu, jam koma juga dihubungkan dengan kondisi cognitive fatigue atau kelelahan kognitif.

Melansir laman Medical News Today, kelelahan kognitif adalah penurunan kemampuan berpikir efektif dan mempertahankan fokus. Kelelahan kognitif bisa disebabkan oleh berbagai faktor, seperti stres dan kurang tidur.

Gejala dari kelelahan kognitif bisa berupa lupa, sering melakukan kesalahan hingga susah konsentrasi. 

Cara Mengatasi Jam Koma

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi jam koma, mulai dari istirahat hingga olahraga. Berikut beragam cara mengatasi jam koma.

1. Istirahat berkualitas

Waktu istirahat yang cukup yakni 7 hingga 9 jam dapat mencegah jam koma. Anda dapat membuat jadwal tidur yang teratur dan menciptakan suasana kamar yang nyaman agar kualitas tidur meningkat.

Jika merasa lelah di siang hari, cobalah tidur sebentar selama 20 hingga 30 menit.

2. Kelola stres




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x