Kompas TV lifestyle kuliner

Wajib Disimak! Rekomendasi Oleh-Oleh Khas IKN, Ada Kue Keminting dan Roti Durian Panglima

Kompas.tv - 15 Agustus 2024, 23:05 WIB
wajib-disimak-rekomendasi-oleh-oleh-khas-ikn-ada-kue-keminting-dan-roti-durian-panglima
Ilustrasi makanan khas IKN amplang. Rahma menunjukkan kerupuk amplang yang diproduksi Kelompok Mekar Jaya Kabupaten Penajam Paser Utara. (Sumber: Kompastv/Ant)
Penulis : Kiki Luqman | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Upacara Perayaan Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke-79 tahun 2024 bakal digelar di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur. 

Ini merupakan momen bersejarah bagi seluruh masyarakat Indonesia, karena sebelumnya peringatan Hari Kemerdekaan selalu diselenggarakan di Istana Negara di Jakarta.

Bagi masyarakat yang berkesempatan menghadiri perayaan HUT Kemerdekaan RI secara langsung di IKN pada 17 Agustus 2024, jangan lewatkan kesempatan untuk membawa pulang oleh-oleh khas dari Kalimantan Timur.

Berikut ini beberapa rekomendasi oleh-oleh yang bisa Anda bawa sebagai kenang-kenangan:

Rekomendasi Oleh-Oleh Khas Kalimantan Timur

Amplang

Kerupuk yang terbuat dari campuran tepung sagu dan ikan, menghadirkan tekstur renyah dan rasa gurih yang khas. Amplang menjadi salah satu oleh-oleh favorit banyak orang.

Baca Juga: Serahkan Bonus Medali Olimpiade, Jokowi: Dimanfaatkan Sebaik-baiknya

Abon Kepiting

Abon ini dibuat dari daging kepiting segar yang dimasak dengan berbagai bumbu rempah hingga kering. Rasa gurih dengan sedikit manis menjadikan abon kepiting khas Samarinda ini sangat istimewa.

Gula Gait

Gula aren khas Kalimantan Timur dengan tekstur yang lebih kasar dan rasa lebih manis daripada gula aren biasa, memberikan sensasi manis alami yang khas.

Kue Keminting

Kue tradisional yang dibuat dari tepung beras, santan, dan gula merah. Kue ini menawarkan rasa manis dan legit, cocok dinikmati dengan teh atau kopi.

Roti Durian Panglima




Sumber : Kompas TV, Tribun News




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x