Kompas TV lifestyle kesehatan

4 Gejala Awal Demensia yang Sering Tidak Disadari

Kompas.tv - 4 Agustus 2024, 23:35 WIB
4-gejala-awal-demensia-yang-sering-tidak-disadari
Ilustrasi perempuan yang menderita demensia. (Sumber: Unsplash/Daniel Franco)
Penulis : Switzy Sabandar | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV- Demensia adalah sebuah kondisi yang ditandai dengan penurunan kemampuan berpikir atau ingatan seseorang. Umumnya kondisi ini memang terjadi pada beberapa lansia karena sel-sel otak yang menua.

Ada juga beberapa faktor penyebab demensia lainnya seperti, pendarahan mikroskopis dan penyumbatan pembuluh darah di otak. Melansir laman Healthline, demensia juga bisa terjadi karena alzheimer dan penyakit parkinson.

Demensia mempengaruhi kemampuan kognitif, kesehatan mental, dan fisik manusia secara keseluruhan. Sayangnya, ada beberapa tanda awal demensia yang sering tidak disadari.

Baca Juga: Momen Jemaah Haji Indonesia Alami Demensia, Diduga Akibat Dehidrasi

Padahal mengetahui gejala awal demensia akan membantu meningkatkan efektivitas pengobatan. Dikutip dari laman Cleveland Clinic, berikut gejala awal demensia yang sering tidak disadari.

1. Melupakan percakapan jangka pendek

Melupakan percakapan yang baru saja terjadi adalah salah satu gejala awal yang sering dikaitkan dengan demensia. Kondisi ini mungkin terdengar sepele, namun sebenarnya melibatkan proses kompleks dalam otak yang terganggu.

Otak menyimpan berbagai macam informasi, termasuk ingatan jangka pendek dan panjang. Saat kita terlibat dalam percakapan, otak akan merekam informasi tersebut.

Pada penderita demensia, sirkuit otak yang bertanggung jawab untuk menyimpan dan mengingat informasi ini mengalami kerusakan. Akibatnya, informasi baru yang masuk sulit diproses dan disimpan dengan baik.

2. Perubahan suasana hati dan kebiasaan




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x