Kompas TV lifestyle kesehatan

Pekan Menyusui Sedunia 2024, Begini Arahan dari WHO

Kompas.tv - 2 Agustus 2024, 06:00 WIB
pekan-menyusui-sedunia-2024-begini-arahan-dari-who
Ilustrasi ibu menyusui. (Sumber: Shutterstock via Kompas.com)
Penulis : Kiki Luqman | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pekan ASI Sedunia, diperingati setiap tahun pada tanggal 1-7 Agustus. Pada tahun 2024, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengangkat tema Menutup Kesenjangan: Dukungan Menyusui untuk Semua atau Closing the Gap: Breastfeeding Support for All. 

Melalui situs resminya, WHO menekankan bahwa kampanye Pekan ASI Sedunia 2024 bertujuan untuk menghargai perjalanan ibu menyusui dan mendorong keluarga, masyarakat, komunitas, pemerintah, dan tenaga kesehatan untuk memberikan dukungan kepada ibu yang menyusui.

Untuk mencapai tujuan ini, WHO dan UNICEF memberikan lima arahan, di antaranya ialah:

1. Meningkatkan Investasi 

Mendorong peningkatan investasi dalam program dan kebijakan yang melindungi hak ibu menyusui dan mendukung pemberian ASI, termasuk alokasi dana dari anggaran nasional.

2. Kebijakan di Tempat Kerja 

Memastikan kebijakan di tempat kerja mendukung ibu menyusui, seperti menyediakan cuti hamil dan cuti melahirkan berbayar, waktu istirahat untuk menyusui atau memompa ASI, serta akses ke penitipan anak yang terjangkau dan berkualitas.

3. Konseling untuk Ibu Menyusui

Memberikan dukungan melalui konseling oleh tenaga ahli, seperti konselor laktasi, di fasilitas kesehatan tingkat pertama.

4. Edukasi Masyarakat 

Meningkatkan edukasi kepada masyarakat tentang manfaat menyusui bagi ibu dan anak untuk meningkatkan jumlah bayi yang mendapat ASI.

Baca Juga: Kasus Pemilik Daycare Aniaya Balita di Depok, Polisi Duga Ada Korban Lain




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



Kunjungan Paus ke Indonesia

FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x

A PHP Error was encountered

Severity: Core Warning

Message: PHP Startup: Unable to load dynamic library 'newrelic.so' (tried: /usr/lib64/php/modules/newrelic.so (/usr/lib64/php/modules/newrelic.so: cannot open shared object file: No such file or directory), /usr/lib64/php/modules/newrelic.so.so (/usr/lib64/php/modules/newrelic.so.so: cannot open shared object file: No such file or directory))

Filename: Unknown

Line Number: 0

Backtrace: